Membentuk Karakter Tangguh Melalui Pendidikan Bela Negara

19

13 Februari 2017 — Sebanyak 70 peserta terpilih Program Management Trainee Sucofindo dalam jangka waktu satu tahun akan mengikuti berbagai kegiatan program MT, baik di dalam kelas maupun diluar kelas, salah satunya Character Building melalui program pendidikan Bela Negara.

Pelatihan Character Building diadakan pada tanggal 23 Januari hingga 3 Februari 2017, bertempat di Dodik belanegara Rindam III Siliwangi, Cikole, Lembang. Selama mengikuti program pendidikan bela Negara tersebut, para peserta mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari apel pagi, pemberian materi di lapangan atau di kelas mengenai rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan negara, kemampuan dasar mempertahankan diri, bina fisik hingga jaga malam.

Selain itu, berbagai permainan, outbound dan kegiatan uji nyali juga turut mereka jalani. Tujuannya, membina mereka agar memiliki mental yang kuat sehingga mampu bertahan disegala medan. Diharapkan, mereka akan mampu menjalankan tugas meskipun ditempatkan di daerah terpencil. Para peserta juga dibina untuk terus menjaga rasa kebersamaan, leadership, dan kedisiplinan

Salah satu peserta Trainee, Roy Ibrahim, mengungkapkan manfaat langsung yang dirasakan setelah mengikuti program pendidikan Bela Negara. “Kami menjadi lebih akrab dan peduli terhadap sesama. Kami yang sekarang akan saling membantu jika salah satu dari kami mengalami kesulitan. Selain itu, kami juga menjadi pribadi yang lebih disiplin dari sebelumnya”, ungkap Roy.

Selain itu ada beberapa hal yang berkesan bagi Roy Ibrahim, diantaranya pada saat dibangunkan dini hari untuk berkumpul dengan menggunakan granat, dan tembakan. “Hal itu membuat kami pontang-panting memakai apa saja yang bisa didapat dalam keadaan gelap dan panik. Ada yang memakai celana pendek, baju terbalik bahkan selimut. Padahal sesungguhnya suara tembakan itu berasal dari oksigen yang dibakar”, ungkap Roy.

Pada upacara penutupan pendidikan, Komandan Depo Letkol. Inf. Entet Suhara mengatakan bahwa tujuan pelatihan adalah membentuk, membina sikap, mental perilaku dan disiplin dalam rangka membekali trainee agar mampu melaksanakan tugas sesuai jabatan yang dipertanggung jawabkan. “Memiliki jiwa kejuangan dan semangat mengabdi terhadap bangsa dan negara khususnya PT SUCOFINDO adalah output utama yang diharapkan”, tutur beliau.

Program MT ini merupakan program tahap pertama di tahun 2017. Divisi Human Capital (HC) menyiapkan program tersebut sebagai program yang didesain untuk mendapatkan calon pegawai yang berkarakter, disiplin serta memiliki kompetensi yang unggul.

Source Membentuk Karakter Tangguh Melalui Pendidikan Bela Negara

Leave A Reply

Your email address will not be published.