Membangun Desa Hutan Renggo Dari Rumah Rembug Desa

31

PATI, PERHUTANI (23/5/2016) | Perum Perhutani melalui Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pati mendukung kegiatan Sedekah Bumi atau Bersih Desa yang diadakan warga masyarakat desa Renggo bertempat di Rumah Rembug Desa Ronggo Kecamatan Jiken Kabupaten Pati, yang baru diresmikan pada Selasa (18/5).

Kegiatan rembug desa yang bertema “Menggali Potensi Desa Ronggo menuju Desa Inspirasi“ tersebut juga dihadiri oleh beberapa perwakilan lembaga masyarakat, Pemerintah Daerah Pati, anggota DPR Komisi XI dan tak kalah penting adalah Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Lestari yang bekerjasama dengan Perhutani di pangkuan wilayah RPH Barisan BKPH Barisan, KPH Pati.

Kepala Desa Ronggo, Sugandam menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Perhutani yang telah mendukung pendirian Rumah Rembug Desa untuk sarana diskusi warganya bersama stakeholder.

Wakil Administratur Perhutani KPH Pati Selatan, Agus Ridwan mengaku Perum Perhutani selama ini telah menggandeng LMDH Wana Lestari Desa Ronggo dalam kegiatan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM), tetapi memang komunikasi dan informasi belum sampai ke semua pihak di Desa Ronggo.

“Citra Dusun Renggo dianggap kurang baik oleh beberapa pihak, mohon maaf dianggap sebagai pasar kayu gelap. Perhutani berharap dengan adanya Rumah rembug Desa ini, kegiatan komunikasi para pihak diharapkan semakin membaik, citra Dusun Renggo membaik sehingga tujuan untuk menjadikan Desa Renggo sebagai Desa Inspirasi akan terwujud. Potensi hutan pangkuan desa Ronggo seluas 291 Ha dapat dioptimalkan dengan kegiatan penanaman komoditi sesuai kondisi tegakan. Desa Renggo juga punya potensi industri kayu yang cukup banyak, bisa segera diketahui berapa banyak kebutuhan bahan bakunya, yang tadinya mungkin kayunya ilegal kedepannya bisa membeli kayu di Perhutani, karena sekarang prosedur pembelian kayu semakin mudah di Perhutani,” demikian Agus.

Source Membangun Desa Hutan Renggo Dari Rumah Rembug Desa

Leave A Reply

Your email address will not be published.