Melihat Pesona Alam Perum Perhutani di Petungkriyono

33

(27/4/2018) | Hutan di kawasan Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur di Kabupaten Pekalongan menyimpan potensi panorama alam yang elok. Kekayaan flora dan faunanya juga luar biasa. Di antaranya paket Adventure Alam Asri (A3). Seperti apa? Triyono, Petungkriyono

Eksostisme hutan alam Negeri di Atas Awan Petungkriyono dan kawasan hutan di sekitarnya sudah tak diragukan lagi. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pun menetapkan Petungkriyono sebagai ‘national nature herritage park’.

Lebatnya hutan alam yang tersisa di Pulau Jawa ini tersimpan keindahan alam yang luar biasa. Di antaranya Sungai Welo, Curug Bajing, Curug Muncar, Puncak Hanoman, Puncak Merah Putih, Puncak Rogojembangan, dan sebagainya. Kawasan ini pun habitat owa Jawa, elang Jawa, dan beragam tumbuhan.

Sekadar menikmati panorama alam tersebut sudah terasa luar biasa. Apalagi menikmatinya sembari terabas dengan motor trail. Tentu kian menantang dan mematri kesan yang lebih dalam. Kesan menantang dan berbeda dari tempat wisata lainnya ini lah yang dirasakan rombongan PT Tower Bersama Infrastruktur Grup TBk dari Jakarta saat mencoba paket A3 dengan rute jalur ‘fun’ sepanjang Karanganyar-Lebakbarang-Petungkriyono.

Meskipun jalur yang dipilih lebih nyantai, bukan berarti tak ada tantangan saat menjelajahinya dengan naik motor trail. Di titik-titik tertentu, terutama di perbatasan kawasan hutan Lebakbarang – Petungkriyono, medan yang dilalui cukup ekstrem.

“Saya dari Bandung sudah terbiasa dengan panorama alam yang indah. Namun, di sini terasa berbeda dan lebih indah. Kami benar-benar menikmati setiap rute yang dilalui,” ujar salah satu peserta.

Tak heran, jika rombongan dari Jakarta ini kembali pesan paket A3 untuk kunjungan berikutnya.

Mereka pesan dengan rute yang lebih jauh, yakni Petungkriyono – Dieng. Mereka pun menyatakan akan datang lagi dengan peserta lebih banyak. Di jalur fun ini, bukan saja peserta laki-laki yang ikut, kaum Hawa pun berani tampil.

Selama empat hingga lima jam perjalanan, mereka singgah di sejumlah obyek wisata yang dilalui. Seperti Gunung Pawon dan Curug Janda di Lebakbarang, Curug Muncar, Curug Bajing, Curug Lawe, dan menikmati keindahan aliran air sambil tubbing di Sungai Welo di Kecamatan Petungkriyono.

“Untuk paket wisata A3 atau jelajah pesona kawasan hutan dengan motor trail ini kita sesuaikan dengan permintaan peserta. Ada paket dekat atau jauh, paket jalur fun hingga medan ekstrem pun siap,” terang Humas A3, Lukman Hakim, kemarin.

Dikatakan, melalui paket wisata A3 tersebut, peserta bisa menikmati pesona alam di hutan Petungkriyono dan sekitarnya. Di kawasan ini banyak keindahan alam berupa air terjun atau curug, beragam satwa seperti owa Jawa, elang Jawa, dan beragam tumbuhan.

“Saat melintasi hutan dengan motor trail, akan diselingi dengan minum kopi lokal Petungkriyono sambil menghirup segarnya udara yang bersih,” imbuhnya

Source Melihat Pesona Alam Perum Perhutani di Petungkriyono

Leave A Reply

Your email address will not be published.