Masyarakat Desa Hutan Di Ciamis Bantu Tanam Sempadan Sungai

20

CIAMIS, PERHUTANI (25/04/2016) | Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tunas Mekar Desa Mekarbuana bersama Pemerintah Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan serta Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis melakukan penanaman pohon di sempadan sungai dalam kawasan hutan, Senin (25/04). Sebanyak 2.910 tanaman keras ditanam di 26,90 hektar kawasan perlindungan setempat (KPS) petak 16.c Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciamis Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Madati.

“Bibit yang ditanam seluruhnya 2.910 bibit terdiri dari angsana 1600, alpukat 1.260, cengkeh 50” demikian Amin, Ketua LMDH Tunas Mekar.

Administratur Perum Perhutani (KPH) Ciamis, Bambang Juriyanto mengatakan bahwa Perum Perhutani melakukan pengkayaan tanaman pada lokasi-lokasi sempadan sungai, untuk menjaga kualitas areal perlindungan sebagai fungsi ekosistem dan kelestarian penyangga kehidupan. Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa pemilihan tanaman dengan sifat multiguna tersebut karena melihat kepentingan masyarakat desa hutan secara umum. Pihaknya sengaja memilih jenis tanaman yang mempunyai sifat tahan terhadap perubahan musim dan tahan lama.”Namun juga bisa memberikan hasil tambahan kepada masyarakat. Dari sisi kelestarian kawasan hutan jenis tanaman ini dipandang mampu memberikan perlindungan secara alami dari gerusan air sungai,” jelasnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Panawangan Asep Didi Herdiana berharap semua pihak bisa mendukung Perhutani dalam melestarikan hutan sehingga ketika hutannya lestari maka masyarakat sekitar hutan akan merasakan langsung dampak maupun kontribusi dari keberadaan hutan tersebut.

Source Masyarakat Desa Hutan Di Ciamis Bantu Tanam Sempadan Sungai

Leave A Reply

Your email address will not be published.