Manfaatkan Limbah Kepiting Jadi Chitosan, Pupuk Kaltim Gandeng Pakar Ugm

20

14 Mei 2019 | Komitmen Pupuk Kaltim terhadap pemberdayaan masyarakat bufferzone terus dioptimalkan pada berbagai bidang. Tak hanya perbaikan ekosistem perairan dan lingkungan, pemberdayaan turut menyasar sektor usaha masyarakat, salah satunya pemanfaatan limbah cangkang kepiting dan rajungan sebagai bahan pembuatan produk chitosan. Guna mendapatkan hasil optimal, Pupuk Kaltim gelar sharing knowledge bersama praktisi teknologi nano dari Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) Ronny Martien pada 13 Mei 2019.

Diungkapkan Staf Laboratorium Pupuk Kaltim Anggono, melalui kegiatan ini Pupuk Kaltim ingin mengetahui lebih dalam tata cara pengolahan limbah cangkang kepiting, untuk disulap menjadi chitosan. Hal ini melihat potensi chitosan sebagai produk yang bisa dimanfaatkan kembali, khususnya bahan biomedical, makanan, produk agrikultur dan horticultural, hingga bahan kosmetik. Produk chitosan kata dia, merupakan Proyek Kendali Mutu (PKM) yang dikembangkan Pupuk Kaltim, melihat banyaknya limbah cangkang kepiting yang ada di pesisir Bontang. “Daripada dibuang begitu saja, lebih baik dimanfaatkan dan diolah kembali. Hasilnya juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Perusahaan,” ujar Anggono.

Ditambahkannya, jika pengembangan limbah cangkang kepiting menjadi chitosan berhasil diterapkan dengan baik, inovasi ini pun akan dikembangkan lebih serius dengan memberdayakan masyarakat secara luas. “Awalnya kita hanya ingin membuatkan home industry saja, tapi jika prospeknya cukup menjanjikan, Pupuk Kaltim bertekad untuk mengembangkan lebih jauh lagi,” tambah Angono.

Sementara praktisi UGM Ronny Martien, menjelaskan produk chitosan mampu menggantikan bahan pengawet makanan berbahaya, yang selama ini jadi permasalahan di masyarakat. Dirinya mengapresiasi upaya Pupuk Kaltim memanfaatkan limbah kepiting menjadi chitosan, sehingga mampu memberikan feedback positif kepada masyarakat maupun daerah. Salah satunya menekan jumlah limbah rumah tangga maupun industri kuliner yang dibuang setiap hari. “Kami menyambut baik inovasi ini, mengingat olahan produk chitosan sangat aman dikonsumsi,” ucap Ronny.

Source Manfaatkan Limbah Kepiting Jadi Chitosan, Pupuk Kaltim Gandeng Pakar Ugm

Leave A Reply

Your email address will not be published.