Mandiri Ajak Nasabah HNWI Manfaatkan Inovasi Teknologi

21

Jakarta, 7 Agustus 2019 – Bank Mandiri mengajak nasabah high net worth individuals (HNWI) memanfaatkan inovasi berbasis teknologi sebagai dampak dari revolusi industri 4.0, seperti yang telah dilakukan banyak usaha rintisan (startup) dalam negeri, untuk meningkatkan keuntungan.

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi menjelaskan, hal tersebut sejalan dengan hasil kajian sejumlah lembaga riset internasional seperti survey MIT Sloan Management pada 2017, yang mendapati bahwa perusahaan yang mendapatkan 50% pendapatan berasal ekosistem digital mencapai pertumbuhan pendapatan 32% lebih tinggi dan margin laba 27% lebih tinggi dibandingkan perusahaan-perusahaan biasa.

“Disrupsi digital merupakan suatu fenomena yang tidak dapat dihindari. Namun dengan penggunaan inovasi teknologi yang tepat; produktivitas, efektifitas, dan efisiensi dapat semakin meningkat dan dapat dijadikan sebagai salah satu competitive advantage suatu perusahaan,” kata Hery Gunardi saat membuka gathering sekitar 500 HNWI bertajuk “Beyond Wealth 2019” di Jakarta, Rabu (7/8).

Hery mengungkapkan, salah satu inovasi teknologi yang sedang dibangun Bank Mandiri adalah platform digital wealth sebagai media yang memungkinkan nasabah HNWI melakukan investasi langsung, seperti membeli reksadana ataupun obligasi. Targetnya, platform ini akan diperkenalkan pada 2020 mendatang.

Saat ini, tambah Hery, nasabah HNWI Bank Mandiri lebih dari 55.000 nasabah dengan nilai total dana kelolaan yang mencapai Rp 205,3 triliun. Nilai tersebut meningkat 6,75% dibandingkan akhir Juni 2018.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, bahwa saat ini perkembangan teknologi sangat menentukan. Misalnya, industri perbankan juga harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, dimana semua transaksi tidak lagi berbelit-belit

“Teknologi sudah mengatur hidup kita. Sekarang orang bisnis tidak lagi hanya bicara keuntungan tapi bicara nilai. Perubahan ini merubah segalanya termasuk perbankan” kata Wakil Presiden dalam keynote speech saat pembukaan acara Beyond Wealth 2019

Wakil Presiden juga menyampaikan perlunya kerjasama lebih insentif untuk mendorong investasi, karena ekonomi tumbuh karena adanya investasi pemerintah dan swasta, karena itu perlu harmonisasi yang terus ditingkatkan

“Pertumbuhan ekonomi ditopang 82% dari investasi swasta. Kita berharap bank dapat menyesuaikan agar bisa memberika dukungan kepada dunia usaha,” tambah Wakil Presiden

Event tersebut juga membekali peserta dengan materi dari dua diskusi panel dengan tema pemanfaatan teknologi pada bisnis dan suksesi kepemimpinan untuk menjaga kesinambungan bisnis.

Diskusi panel sesi pertama “The Industry Leader” akan menghadirkan narasumber yaitu Shinta Dhanuwardoyo seorang Angel Investor dan founder dari bubu.com, Nathanael Faibis yang merupakan founder dari Alodokter, dan Stefanie Kurniadi Co-founder Warunk Upnormal dan Bakso Boejangan. Tiga pembicara tersebut akan berdiskusi seputar pemanfaatan teknologi terkini untuk pengembangan bisnis startup, dan hambatan yang dihadapi di Indonesia.

Sesi diskusi panel berikutnya mengenai “Legacy and Succession” akan menampilkan legacy planner terkemuka di Asia dari Lombard Odier yaitu Lee Wong, disertai Shinta Kamdani yang merupakan CEO Sintesa Group.
Event ditutup dengan dengan sesi dinner talkshow “Beyond Luxury”, dimana Brand Ambassador Nicholas Saputra, Laura Basuki, serta pemilik dari Group Time International Bpk. Irwan Musry sebagai lifestyle merchant partner, memberikan sharing tentang bagaimana sebuah profesi yang beranjak dari minat dan passion bisa menjadi sebuah industri yang bernilai besar.

Wealth Bazaar

Sebagai rangkaian event, Bank Mandiri juga menyelenggarakan Wealth Bazaar yang menghadirkan mitra penyedia layanan bagi nasabah HNWI yaitu para Manajer Investasi terbaik di Indonesia, perusahaan sekuritas, dan merchant partner.

Melalui perusahaan anak Bank Mandiri yaitu Mandiri Manajemen Investasi serta Mandiri Sekuritas, serta Manajer Investasi rekanan seperti Bahana TCW Investment Manager, Batavia Prosperindo Aset Manajemen, Danareksa Investment Manajemen, Schroder Investment Management, Manulife Asset Manajemen Indonesia, Ashmore Asset Manajemen Indonesia, Kresna Asset Management, nasabah dapat langsung berkonsultasi mengenai kebutuhan investasi dan perencanaan finansial.

Selain itu terdapat penawaran istimewa bagi nasabah dari merchant partner yaitu Times Group yang menghadirkan international brand seperti Tag Heuer, Breitling, Dwidaya, Erafone, serta penawaran menarik dari Mercedes-Benz Indonesia. Pengunjung juga dapat menukarkan fiestapoin dengan secangkir kopi dari Fore Coffee.

Tentang PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Business, Consumer Banking serta Treasury. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe Limited (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

Hingga Juni 2019, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.469 jaringan kantor, meliputi 2.624 cabang dan 1.845 jaringan mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 18.291 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000.

Tentang Mandiri Prioritas dan Mandiri Private.

Mandiri Prioritas dan Mandiri Private adalah layanan Wealth Management Bank Mandiri untuk memenuhi kebutuhan investasi serta finansial nasabah utama perorangan Bank Mandiri. Wealth Management Group menyuguhkan produk serta layanan yang bekerjasama dengan anak perusahaan Bank Mandiri yaitu : Mandiri Management Investasi (Asset Management), Mandiri Sekuritas (Jasa dan Layanan pasar modal), AXA-Mandiri Financial Services (Asuransi Jiwa, Kesehatan & Bancassurance), Mandiri AXA General Insurance (Asuransi Umum), Mandiri Singapore Branch, Mandiri Investment Management Singapore, Mandiri Sekuritas Singapore, Mandiri Europe Limited (Treasury & Financial Institution), dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan Modal ventura).

Hingga saat ini, Wealth Management Group mengelola lebih dari 55.000 nasabah Prioritas dan Private, dengan didukung oleh 63 Outlet Prioritas yang tersebar di 12 wilayah di Indonesia. Selain itu Wealth Management Group juga memiliki kerjasama strategis dengan Lombard Odier, salah satu Private Bank dari Swiss.

Source Mandiri Ajak Nasabah HNWI Manfaatkan Inovasi Teknologi

Leave A Reply

Your email address will not be published.