Mahasiswa Teknik Sipil Unwiku Kunjungi Pelabuhan Tanjung Intan

11

02 Juni 2016

Cilacap – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma (Unwiku) Purwokerto mengadakan studi lapangan ke Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (2/6).

“Kunjungan dimaksudkan untuk memperoleh ilmu dan wawasan secara nyata mengenai proses bisnis kepelabuhanan di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III ini,” ujar Atiyah Barkah, Dosen Pendamping dari Fakultas Teknik Sipil Unwiku Purwokerto.

Sejumlah 30 orang rombongan mahasiswa didampingi oleh Supervisor Pengamanan dan PBK  Pelindo III Tanjung Intan, F. Ferry Christianto. Ia menjelaskan bahwa moda transportasi laut dan infrastruktur pelabuhan merupakan sektor yang sangat penting dalam suatu negara. Apalagi Presiden Joko Widodo telah berkomitmen untuk menjadikan sektor laut sebagai tulang punggung pembangunan nasional dan ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Pelindo III sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan, selalu memberi kesempatan kepada para pelajar, khususnya para mahasiswa untuk bisa belajar dari perusahaan kami, untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari. Kami berharap melalui acara kunjungan seperti ini, wawasan dan pengetahuan mahasiswa akan bertambah khususnya tentang peran Pelindo III untuk meningkatkan perekonomian negara,” kata Ferry.

Saat mahasiswa diajak berkeliling menuju dermaga Pelabuhan Tanjung Intan untuk melihat secara langsung aktivitas yang sedang berlangsung di pelabuhan. Antusiasme terlihat dengan banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan terkait aktivitas bongkar muat batubara yang sedang berlangsung saat itu. Mereka dijelaskan mengenai fasilitas yang dimiliki Pelindo III serta bisnis inti dari salah satu BUMN tersebut.

“Kegiatan bongkar muat barang merupakan salah satu jenis pelayanan jasa kami kepada pengguna jasa, selain kegiatan labuh, tambat, pemanduan serta pengisian air kapal,” jelas Angga dari Divisi Teknik Pelindo III Tanjung Intan yang saat itu juga mendampingi kunjungan.

Atiyah Barkah sebagai dosen pendamping menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan sambutan baik yang diberikan oleh Pelindo III terhadap para mahasiswa Unwiku.

“Kami juga mohon agar Pelindo III bersedia menjadwalkan kegiatan serupa kepada angkatan selanjutnya dari mahasiswa kami (Unwiku) untuk berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Intan,” ungkapnya.

Source Mahasiswa Teknik Sipil Unwiku Kunjungi Pelabuhan Tanjung Intan

Leave A Reply

Your email address will not be published.