Mahasiswa Tambang ‘Wajib’ Berkunjung ke DAHANA

15

26 Juni 2019 | Puluhan mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Negeri Padang pada Kamis 25 April 2019 bertandang ke Kantor Manajemen Pusat (Kampus) PT DAHANA (Persero) di Kabupaten Subang. Kedatangannya ke Dahana ini dalam rangka kunjungan industri. Selain ke DAHANA diagendakan pula kunjungan ke beberapa perusahaan industri lainnya.

Sejak tanggal 21 April 2019, rombongan mahasiswa yang berjumlah 52 orang ini melakukan perjalanan darat, dan sempat singgah di beberapa lokasi. Hingga tibalah di DAHANA Subang pada Kamis (25/4) pagi.
Zeco Kusnadi Putra, salah satu mahasiswa UNP yang ikut serta dalam kunjungan industri ke Dahana, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang digelar oleh mahasiswa semester 4. DAHANA menjadi salah satu perusahaan yang wajib dikunjungi.

“DAHANA sangat berkaitan erat dengan industri pertambangan, sebagai perusahaan penyedia bahan peledak untuk pertambangan, karenanya sebagai mahasiswa tambang wajib kesini (Dahana),” terang Zeco kepada Dfile.

Zeco pun menuturkan, perihal kunjungannya ke DAHANA seperti informasi kakak kelasnya, ia hanya akan mendapatkan paparan informasi di kelas, dan melakukan plan tour keliling area ring 1, kawasan pabrik industri bahan peledak.

Namun rupanya sambutan DAHANA kali ini tidak sama seperti yang diceritakan seniornya di kampus, “Sebelum datang ke Dahana, kakak kelas ngasih infonya begitu, cuma di kelas terus muter-muter. Padahal harapannya sih bisa masuk area pabrik melihat proses produksi,” tutur Zeco.

Tapi siapa menyangka, rombongan yang berjumlah 52 orang ini, mendapat izin masuk area pabrik. “Alhamdulillah, kami kali ini diberi kesempatan melihat proses produksi,” kata Zeco.

Rupanya selain melihat proses produksi pembuatan bom, mahasiswa pun diajak melihat proses peledakan uji mutu di area bunker. Mereka pun diperkenankan juga memasuki bunker, melihat petugas merangkai bom yang akan diledakan dalam proses uji mutu.

“Akhirnya saya bisa melihat dan mendengar langsung bom DAHANA diledakan, melihat proses uji mutu,” terang Zeco sumringah.

Kunjungan ke DAHANA ini katanya menjadi lebih berkesan, pasalnya sesuai dengan harapan. “Kunjungannya sangat berkesan, sedikitnya banyaknya kami jadi mengetahui tentang bahan peledak tambang, dan juga tahu tentang DAHANA. Terimakasih Dahana atas penerimaannya,” pungkasnya.

Source Mahasiswa Tambang ‘Wajib’ Berkunjung ke DAHANA

Leave A Reply

Your email address will not be published.