Mahasiswa ITK Timba Ilmu di Pupuk Kaltim

32

15 Februari 2019 | Pupuk Kaltim menerima kunjungan belajar (Study Excursie) 72 Mahasiswa jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan, Program Studi Teknik Material dan Metalurgi Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan, di Ruang Mahoni Kantor Pusat Pupuk Kaltim pada 14 Februari 2019. Kunjungan mahasiswa Semester VI ini sekaligus melihat lebih dekat aktivitas industri Pupuk Kaltim, guna menambah pengetahuan dalam mendukung materi perkuliahan, khususnya proses produksi ramah lingkungan dengan efisiensi energi di seluruh lini.

Dikatakan Dosen Pendamping ITK Andromeda Dwi Laksono, dengan kegiatan ini para mahasiswa diharap memiliki gambaran dunia industri, karena berkaitan dengan program studi yang diambil, sehingga saat memasuki dunia kerja, para mahasiswa dapat menerapkan kemampuan sesuai disiplin ilmu masing-masing. “Kami sengaja datang untuk mengetahui lebih dekat industri Pupuk Kaltim, sebagai salah satu anggota holding BUMN besar di Indonesia. Kami harap ada pengalaman dan transfer ilmu yang dapat menunjang perkuliahan mahasiswa kami,” kata Andromeda.

Mewakili Manajemen Perusahaan, Superintendent Hubungan Internal Departemen Humas Pupuk Kaltim Nurdi Saptono, menyambut baik kunjungan mahasiswa ITK untuk belajar dan menimba pengetahuan terkait dunia industri melalui study excursie ini. Menurut dia, selain concern terhadap pemenuhan kebutuhan pupuk Nasional di 2/3 wilayah Indonesia, Pupuk Kaltim turut mendukung peningkatan kualitas SDM di Bontang dan Kalimantan Timur, dengan berbagai program di bidang pendidikan.

Pupuk Kaltim juga membuka diri bagi seluruh lembaga pendidikan untuk belajar di Perusahaan, baik melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL) maupun magang. Bahkan Pupuk Kaltim juga memfasilitasi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak melalui program beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP), yang telah berjalan 11 tahun dan ITK merupakan salah satu perguruan tinggi yang turut bekerjasama pada program tersebut. “Pupuk Kaltim terbuka bagi lembaga pendidikan manapun untuk belajar dan menambah wawasan dalam mendukung peningkatan kualitas SDM di Kalimantan Timur. Begitu juga dengan ITK, kami sangat menyambut baik kunjungan ini agar kerjasama yang terjalin bisa terus ditingkatkan,” terang Nurdi Saptono.

Selain pengenalan Perusahaan secara umum, pada kesempatan itu para mahasiswa diberi pemahaman terkait proses produksi dan pengelolaan energi di Pupuk Kaltim, pengenalan jenis produk dan pelayanan pelanggan, serta teknik material dan metalurgi oleh perwakilan masing-masing departemen yang menaungi.

Source Mahasiswa ITK Timba Ilmu di Pupuk Kaltim

Leave A Reply

Your email address will not be published.