LMDH Sidomakmur, Binaan Perhutani yang Rutin Beri Donasi

27

Nganjuk, Perhutani (12/9/2018) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Nganjuk menyerahkan bantuan sosial / donasi bagi masyarakat yang kurang mampu bertempat di Sekretariat Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sido Makmur, Dusun Manggarejo, Desa Mancon, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk (11/9).

Penerima bantuan sosial dari LMDH ini sebanyak 25 orang dan diprioritaskan bagi para janda dan duda yang kurang mampu. Kegiatan sosial ini telah berjalan kurang lebih 1,5 tahun dengan sasaran setiap bulannya 2-3 orang. Tujuan program Dana Sosial tersebut adalah untuk meningkatkan kepekaan seluruh anggota LMDH terhadap lingkungannya karena masyarakat yang ada di pinggirian hutan masih banyak yang kurang mampu.

Administratur KPH Nganjuk, Bambang Cahyo Purnomo, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus LMDH Sidomakmur yang telah membuat program dana sosial untuk disalurkan kepada masyarakat kurang mampu. Ia berharap kedepan kegiatan tersebut dapat berkembang dan bisa diikuti oleh LMDH lain yang masuk di dalam wilayah KPH Nganjuk.

Ketua LMDH Sido Makmur Mohammad Arbai, mengatakan sumber dana untuk kegiatan sosial ini berasal dari berbagai lini seperti penyisihan dana sharing, program pengumpulan koin 1 hari satu koin, donatur dan simpatisan.

“Dibutuhkan kepedulian dan perhatian semua anggota LMDH dan masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan sosial ini. Walaupun bantuan yang diberikan tidak seberapa nilainya, kami harap bisa meringankan beban mereka. Disamping itu ini juga bagian dari upaya kami menunjukkan kontribusi LMDH kepada masyarakat luas, bahwa LMDH hadir untuk masyarakat,” ujar Arbai.

Sebagai binaan Perhutani, LMDH Sidomakmur mempunyai pangkuan hutan seluas 385 Ha, dengan berbagai kegiatan seperti usaha ternak kambing, pertokoan pertanian, persewaan alat pertanian hand traktor, perontok jagung dan perontok padi, aneka kripik, dll. Dari berbagai kegiatan tersebut ada penyisihan hasil untuk keperluan sosial. Harapannya apa yang dikerjakan oleh LMDH bisa menjadi contoh yang baik bagi kehidupan bermasyarakat.

Source LMDH Sidomakmur, Binaan Perhutani yang Rutin Beri Donasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.