LMDH Sebagai Motivator Pengendalian Kebakaran Hutan Perhutani Kebonharjo

15

KEBONHARJO, PERHUTANI (3/6/2015) | Perhutani Kebonharjo bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Angkatan II Kabupaten Rembang di Aula Gedung Kesambi Kebonharjo, 3-5 Juni 2015.

Wakil Administratur Kebonharjo, Asep Ruskandar menyatakan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sebagai pionir dalam wilayahnya dapat membantu untuk mengendalikan keamanan hutan, termasuk bahaya kebakaran hutan dan lahan. Bimbingan teknik (Bimtek) dari dinas kehutanan sangat bermanfaat bagi kita untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan. LMDH punya peran strategis sebagai motivator dalam mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan.

“Hutan Indonesia sebagai penyangga kehidupan dunia perlu dilestarikan, dan tanggung jawab melestarikan hutan berada ditangan kita semua. Keterbatasan jumlah personil petugas di lapangan sering kali menimbulkan kebakaran hutan sulit dikendalikan. Untuk itu keberadaan masyarakat peduli api mutlak dibutuhkan untuk menekan terjadinya kebakaran hutan. Kerjasama dan kekompakan masyarakat desa hutan dengan Perum Perhutani sebagai pengelola hutan harus kita dukung. Sebab, hutan yang lestari pasti memberikan manfaat bagi umat sedunia.” kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang , Suratmin.

Kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan diikuti kurang lebih seratus undangan. Hadir dalam kegiatan tersebut BKSDH Jawa Tengah, Kepala Badan Ketahanan Pangan Rembang dan pengurus LMDH dalam wilayah pangkuan Kebonharjo kabupaten Rembang. Materi diberikan selama dua hari dan praktek lapangan dilakukan pada hari ketiga di hutan Kebonharjo.

Source LMDH Sebagai Motivator Pengendalian Kebakaran Hutan Perhutani Kebonharjo

Leave A Reply

Your email address will not be published.