LMDH Liwung Kencana Perhutani Pekalongan Barat Lindungi Sistim Pertanian Terpadu

16

PEKALONGAN BARAT, PERHUTANI (18/11/2015) | Bertempat di Balai Desa Kedawung, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat mengadakan Pelatihan dan penyerahan bantuan bibit ternak serta tanaman. Acara tersebut di hadiri Perwakilan Badan Ketahanan Pangan Pemprov Jateng, Wakil Administratur/KSKPH Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat, dan Camat Bojong, Rabu.

Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Liwung Kencana dari Desa Kedawung, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal di proyeksikan mampu melindungi system pertanian terpadu Integrated Farming System (IFS). Sistim pertanian terpadu tersebut bisa di wujudkan melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan untuk peternakan dan tanaman produktif.

Asper/KBKPH Bumijawa, Marsono mengatakan pihaknya telah memberikan bantuan berupa 125 Ayam ternak dan ratusan bibit tanaman buah-buahan kepada LMDH Liwung Kencana binaan Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat. “Kami juga memberdayakan kaum hawa yang tergabung dalam kelompok wanita tani dan para perangkat desa untuk bisa mendukung program optimalisasi pekarangan “ Tutur Marsono.

Ia menambahkan, selain dapat mendukung ketahanan pangan pemerintah, optimalisasi pekarangan lewat peternakan dan tanaman buah-buahan juga di harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Tegal, Suharyoko menyebutkan, program ini merupakan upaya rintisan yang akan di monitor oleh Pemkab Tegal. “Selain peningkatan dalam hal perekonomian warga, program optimalisasi pekarangan tersebut juga untuk meningkatkan nutrisi dan gizi pangan masyarakat .”Ujar Suharyoko.

Source LMDH Liwung Kencana Perhutani Pekalongan Barat Lindungi Sistim Pertanian Terpadu

Leave A Reply

Your email address will not be published.