Limbah Hutanpun Bermanfaat Bagi Masyarakat

30

KEBONHARJO, PERHUTANI (9/4/2015) | Serasa sulit menilai dan menggambarkan mengenai manfaat hutan. Begitu besarnya kontribusi hutan bagi kelangsungan hidup manusia. Hampir tidak ada satupun yang tidak bermanfaat dari hutan dengan segala keanekaragamannya. Termasuk, dalam hal ini apa yang disebut dengan limbah. Sekalipun limbah kalau berasal dari hutan pasti membawa manfaat bagi masyarakat.

Perhutani juga memberikan pendampingan pada masyarakat dalam pemanfaatan limbah berupa gembol kayu jati itu. Administratur Perum Perhutani Kebonharjo, Haris Triwahyunita mengatakan bahwa kepekaan Perhutani terhadap masyarakat sekitar hutan senantiasa mendapat perhatian. Termasuk anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang mengambil limbah hutan harus diawasi supaya tidak melanggar aturan. Selain itu, perhutani juga memberikan bimbingan untuk suksesnya usaha produktif tersebut.

Sunarto, warga desa Wonokerto kecamatan Sale Rembang, merupakan salah satu dari sekian banyak masyarakat yang mengolah limbah kayu (gembol) dari hutan wilayah Kebonharjo menjadi ukiran dalam bentuk meja, kursi dan berbagai perangkat rumah tangga lainnya. Dan omzet penjualannya mencapai jutaan rupiah. Pemuda kreatif ini pun sebagai anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Dharma Wana Raharja desa Wonokerto kecamatan Sale.

Ditangan dingin Sunarto inilah limbah kayu jati diolah menjadi ukiran menarik dan bernilai seni tinggi. Selain meja, kursi dan perabot rumah tangga lain, Sunarto piawai menyulap limbah kayu jati menjadi bermacam-macam souvenir sebagai pengisi sekaligus penghias ruangan anda.

Source Limbah Hutanpun Bermanfaat Bagi Masyarakat

Leave A Reply

Your email address will not be published.