Lima Tahun Kedepan, Sektor Pertambangan dan Perkebunan Ditargetkan Meningkat

48

29 Januari 2015 —¬†Jakarta: Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro berharap, sektor manufaktur bisa ditingkatkan selama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lima tahun ke depan, khususnya di sektor pertambangan dan perkebunan.

“Kita tingkatkan sektor manufaktur hilirisasi di pertambangan dan perkebunan. Itu yang kami harapkan dalam lima tahun mendatang,” kata Bambang ditemui dalam acara Mandiri Investment Forum 2015 yang bertajuk “Indonesia: Pushing the Structural Reform” di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Bambang mengingatkan untuk tidak terbuai dengan harga komoditas yang tinggi. Sebab hal itu justru merupakan jebakan untuk Indonesia. “Komoditas yang tinggi di tahun 2010-2011 sampai puncaknya merupakan problem buat kita. Itu adalah jebakan, seolah-olah kita lupa akan jebakan itu,” tuturnya.

Bambang berharap Indonesia bisa meningkatkan industri manufaktur. Sebab, negara maju umumnya, misalnya Amerika Serikat memprioritaskan pengembangan sektor manufaktur untuk mendongkrak pertumbuhan ekonominya. “Kita kalah cepat dengan Malaysia, yang cepat melakukan hilirisasi. Malaysia saja sudah down stream, kita masih asyik ke karet atau ekspor bahan mentah,” pungkasnya.

Source Lima Tahun Kedepan, Sektor Pertambangan dan Perkebunan Ditargetkan Meningkat

Leave A Reply

Your email address will not be published.