Lima Jenis Fobia Aneh yang Ada di Sekitar Kita

3

Kamis, 12 Maret 2015 | Setiap orang pasti memiliki rasa takut terhadap sesuatu. dalam dunia medis, rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu disebut Fobia. Fobia dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang normal, perasaan takut seorang fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan – bulanan oleh teman sekitarnya.

Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek fobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidakmampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrem seperti trauma bom, terjebak lift dan sebagainya. Adakalanya fobia berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan.

Berikut adalah beberapa jenis Fobia yang ada di sekitar kita, namun dirasa aneh oleh masyarakat umum :

  1. Workplacephobia, adalah rasa takut berlebihan akan tempat kerja. Hal ini menjadikan orang workplacephobia tidak menikmati proses kreatif dalam bekerja. karyawan yang mengalami workplacephobia harus diberi dukungan lebih oleh atasan. kecenderungan stres dan tekanan yang berlebihan di tempat kerja adalah penyebab utama fobia ini.
  2. Uranophobia adalah rasa takut terhadap surga. Aneh rasanya saat orang orang rela mengejar untuk masuk surga, bahkan dengan jalan yang salah sekalipun, penderita Uranophobia justru takut akan surga.
  3. Tokophobia adalah rasa takut yang sering dialami oleh perempuan, yaitu ketakutan terhadap kehamilan. Hal ini karena rasa ngeri yang berlebihan pada saat proses melahirkan. Sayangnya, 1 dari 10 perempuan mengalami tokophobia. Banyak perempuan yang menunda untuk memiliki anak dan berumah tangga karena fobia jenis ini.
  4. Philophobia adalah jenis fobia yang paling aneh, yaitu rasa takut akan mencintai dan dicintai orang lain. Penyakit ini sudah ada dari dulu dan berasal dari bahasa Yunani “Philo” atau “cinta”. Penyakit ini terjadi karena penderita mengalami rasa kecewa, patah hati, dan rasa malu yang mendalam dimasa lalu dalam hal percintaan.
  5. Iatrophobia, adalah ketakutan berlebihan terhadap dokter. Dokter adalah profesi yang bertugas untuk menolong orang lain. Dalam kondisi sakit, jika bertemu dengan dokter yang tepat, biasanya secara psikologis pasien akan merasa lebih nyaman dan tenang. Tapi penderita iatrophobia justru merasa takut jika bertemu dokter. Rasa takut yang berlebihan terhadap operasi medis, jarum suntik, dan pemberian obat – obat tertentu mendasari jenis fobia ini. penderita iatrophobia kadang sangat terlambat dalam mencari solusi medis jika ada masalah kesehatan, sehingga berdampak serius pada fisik bahkan kematian.
Source Lima Jenis Fobia Aneh yang Ada di Sekitar Kita

Leave A Reply

Your email address will not be published.