Lihat nih, Kapal Raksasa Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak

25

29 Juli 2016

Surabaya – Kapal peti kemas ‘Tommi Ritscher’ dengan kapasitas mencapai lebih dari 4.000 TEUs menorehkan sejarah, sebagai kapal peti kemas terbesar yang pernah sandar di Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal milik perusahaan pelayaran asal Denmark, Maersk Line ini, akhirnya bisa sandar di Tanjung Perak setelah Pelindo III berinovasi mengoperasikan Terminal Teluk Lamong (TTL) untuk melayani bongkar muat dengan peralatan modern yang efisien.

“Hari bersejarah ini membuktikan bahwa Surabaya sudah menjadi salah satu pusat perdagangan dunia, dengan dukungan fasilitas infrastruktur yang memadai dan modern. Pelindo III merasa terhormat karena alur pelayaran barat Surabaya (APBS) disambut baik agen pelayaran internasional,” kata Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Yon Irawan.

Terminal yang diresmikan Presiden Joko Widodo tahun lalu itu merupakan terminal peti kemas dan curah kering, yang beroperasi dengan peralatan semi-otomatis dan memiliki kedalaman kolam labuh -14 meter LWS. Pelindo III juga sekaligus merevitalisasi APBS (jalur lintasan kapal) di Selat Madura, yang semula selebar 100 meter menjadi 150 meter dan berkedalaman semula -9,5 meter LWS menjadi -13 meter LWS.

“Pengembangan kedua fasilitas tersebut membuat Pelabuhan Tanjung Perak berperan penting dalam menurunkan biaya logistik di Indonesia, karena dengan kapal yang lebih besar transportasi barang menjadi lebih efisien,” ujar Yon. 

Source Lihat nih, Kapal Raksasa Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak

Leave A Reply

Your email address will not be published.