Layanan Peledakan Dahana di Tanah Rantau

75

25 Mei 2018

PT DAHANA (Persero) kembali mendapat kepercayaan untuk melakukan blasting di site GMT-BRE Rantau, Kalimantan Selatan. Project dimulai pada Desember 2017 untuk persiapan, dan mulai melakukan peledakan perdana pada Selasa, 9 Januari 2018. Agung Prionegoro, Manager Hubungan Pelanggan Wilayah Kalimantan Selatan mengatakan kepada Dfile bahwa medan yang dihadapi di site GMT-BRE tidak terlalu kompleks. Lokasi tambang yang tidak terlalu jauh ini memudahkan DAHANA dalam menjalankan kegiatan operasional di site ini.

Produk yang digunakan DAHANA adalah Ammonium Nitrate (AN), Dayagel, dan Dayadet Non-Listrik, serta Electric Detonator untuk Initiation Point (IP). DAHANA menyediakan jasa Drilling & Blasting, sehingga keseluruhan operasional dari pengeboran dan kegiatan peledakan menjadi tanggung jawab DAHANA.   GMT sendiri hanya menyediakan lokasi yang kemudian dikerjakan oleh DAHANA. Unit yang digunakan adalah 1 unit Drilling Sandvik Ranger DX800 diameter 5 inch, 1 unit Truck ANFO, dan 2 unit LV.

Dalam berjalannya project yang sudah 3 bulan, GMT memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap DAHANA dalam hal peledakan. Permasalahan vibrasi yang menjadi fokus BRE selaku owner karena slope/lereng yang kurang stabil di sisi Low Wall.  Hal ini menjadi tugas DAHANA untuk menyelesaikannya dan GMT sangat percaya akan desain peledakan yang digunakan DAHANA. Aktualnya, 3 bulan project berjalan tidak ada issue mengenai vibrasi dari peledakan yang dilakukan oleh DAHANA dan dengan hasil peledakan yang memuaskan bagi GMT.

Tentang tantangan yang dihadapi DAHANA, Agung menuturkan

“BRE selaku owner, selalu membandingkan kegiatan peledakan kontraktornya, baik dari segi operasional maupun hasil peledakan.  Semenjak DAHANA hadir di BRE, berbekal pengalaman dari site Adaro, dan didukung oleh 3 orang personil eks. site Adaro, DAHANA mengimplementasikan prosedur operasional dan sistem K3 di Adaro yang sesuai untuk diterapkan di sini,” ujarnya.

Agung melanjutkan bahwa evaluasi dilakukan hari demi hari setelah kegiatan peledakan, tim yang solid dan kerjasama yang baik, serta komunikasi yang baik dengan konsumen membawa hasil yang baik dalam operasional DAHANA.

“Dan alhamdulilah 3 bulan project ini berjalan, DAHANA memiliki penilaian positif dari BRE, sampai ada statement dari GMT bahwa “Kalau ingin melihat blasting, lihatlah blasting DAHANA,”lanjut Agung.

Source Layanan Peledakan Dahana di Tanah Rantau

Leave A Reply

Your email address will not be published.