Lanjutkan Komitmen Tanggung Jawab Sosial: INALUM Undang Buka Puasa Bersama Para Pemangku Kepentingan

62

Jum’at, 16 Juni 2017 14:54:17

Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, INALUM terus melanjutkan komitmen tanggung jawab sosialnya. Pada tanggal 7 Juni 2017 lalu, INALUM telah menyelenggarakan buka puasa bersama para pemangku kepentingan di Recreation Hall Tanjung Gading dan dihadiri oleh para pejabat daerah serta tokoh masyarakat dan pemuka agama di sekitar Kabupaten Batu Bara. Direktur Utama INALUM, Winardi, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pada tahun buku 2016 yang lalu, INALUM telah membukukan laba bersih sekitar USD 66 juta atau 10% diatas target RKAP 2016 sekitar USD 60 Juta.

Keuntungan yang melebihi target ini diikuti dengan peningkatan kontribusi Perusahaan terhadap kemajuan dan kemaslahatan masyarakat sekitar. Hal ini dapat dilihat dari realisasi dana PKBL pada tahun 2016 yang mencapai angka Rp 39,3 miliar, angka ini meningkat drastis sekitar 81% dari tahun 2015 yang sebesar Rp 21,7 miliar. Sedangkan realisasi dana CSR mencapai angka Rp 11,1 miliar, angka ini juga melonjak tajam sekitar 95% bila dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 5,7 miliar. Selain itu, pada tahun 2016 sebanyak 25 mitra binaan telah memperoleh dana pinjaman secara bergulir dengan total realisasi sekitar Rp 900 juta. Mitra binaan tersebut tersebar di 10 Kabupaten/Kota pada berbagai sektor usaha antara lain perdagangan, industri, pertanian, peternakan, perkebunan, dan jasa lainnya.

Sebagai wujud kepeduliannya, INALUM juga berpartisipasi terhadap bencana alam yang melanda di beberapa pelosok negeri. Mulai dari bencana erupsi Gunung Sinabung, banjir bandang Garut dan Bima, gempa Pidie, dan banjir di Langkat. Tak ketinggalan, INALUM juga memberikan bantuan kepada korban bencana kebakaran besar di Kabupaten Tobasa dan Batubara. Lebih lanjut, INALUM juga memberikan perhatian khusus kepada perbaikan rumah ibadah dimana tujuannya untuk meningkatkan kekhusyukan jemaah dalam beribadah. Selama 2016, tak kurang dari 100 unit rumah ibadah telah direnovasi, termasuk renovasi Masjid Agung Medan dan pembuatan menara salib dan lonceng di Gereja HKBP Pintupohan Meranti.

Pada tahun 2017 ini, INALUM telah dan akan melanjutkan pelaksanakan berbagai program tanggung jawab sosial kepada masyarakat di lingkungan sekitar wilayah kerja INALUM. Program-program yang juga termasuk ke dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini meliputi: Bedah Rumah 45 Rumah Veteran di provinsi Aceh, Penanaman pohon di 100 ha lahan kritis di sekitar Danau Toba, Elektrifikasi terhadap 100 rumah tangga kurang mampu di 10 kabupaten/kota, Pertukaran Pelajar dari Aceh ke Nusa Tenggara Barat, Pembagian 7.200 paket sembako gratis di 8 Kabupaten/kota, Pemberian santunan kepada 500 anak yatim di 3 Kabupaten (Batu Bara, Tobasa dan Asahan), Pembagian 100 Al-Qur’an untuk 20 pondok pesantren di sekitar Perusahaan, Pembinaan 2 desa di Kabupaten Batubara dan Asahan, Pembangunan MCK di 9 kabupaten/kota, sunnat massal, pengobatan gratis, safari ramadhan ke beberapa masjid, buka puasa bersama, dan lain-lain.

Ketua DPRD Batu Bara, Selamat Arifin dalam kesempatan yang sama menyampaikan terima kasihnya kepada INALUM, terutama atas komitmen tanggung jawab sosial yang telah dilaksanakan oleh INALUM selama ini. Beliau berharap kedepannya INALUM dapat terus konsisten menjalankan program tanggung jawab sosialnya sehingga dapat memajukan masyarakat sekitar khususnya Kabupaten Batu Bara.

Source Lanjutkan Komitmen Tanggung Jawab Sosial: INALUM Undang Buka Puasa Bersama Para Pemangku Kepentingan

Leave A Reply

Your email address will not be published.