Laksanakan Program Green Qurban, Pertamina Dumai Salurkan 24 Hewan Kurban

6

9/8/2019 | DUMAI – Sambut Hari Raya Idul Adha 1440 H yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II salurkan bantuan hewan kurban kepada masyarakat. Dengan sentuhan semangat cinta lingkungan, program yang diberi tajuk “Green Qurban Pertamina RU II” diluncurkan bersamaan dengan penyerahan hewan kurban secara simbolis pada Selasa (08/08) di Kantor Lurah Tanjung Palas, Dumai Timur dan Kantor Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau – Kota Dumai.

Hadir pada kegiatan Camat Dumai Timur Irawan Sukma, Wakapolres Dumai Kompol Alex Sandy Siregar dan Unit Manager Comm., Relations & CSR Pertamina RU II Muslim Dharmawan serta Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai Datuk Sri Attan Ujang.

Di sela kegiatan Muslim Dharmawan menyatakan Pertamina RU II pada tahun ini kembali menjalankan program pembagian hewan kurban baik yang berasal dari pekerja Pertamina secara perorangan atau kelompok, ataupun bantuan hewan kurban yang berasal dari perusahaan. Kedua jenis bantuan tersebut berada di bawah payung program “Green Qurban Pertamina RU II”.

“Alhamdulillah tahun ini kami kembali berkesempatan salurkan bantuan hewan kurban. Dari kurban pekerja Pertamina berjumlah 17 ekor sapi dan dari perusahaan berjumlah 7 ekor. Penyalurannya kami utamakan ke Masjid dan Musala serta masyarakat Ring 1 Kilang contohnya di lingkungan Kelurahan Tanjung Palas”, ungkap Muslim.

Lebih lanjut mengenai Program “Green Qurban Pertamina RU II” Muslim menjelaskan program ini merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun lalu. Kata “Green” yang menandakan aspek ramah lingkungan ditandai dengan penggunaan tas dari bahan baku daun tanaman nanas untuk membagikan daging kurban sebagai pengganti kantong plastik.

Tahun ini, dengan jumlah hewan kurban yang dialokasikan kepada masyarakat sejumlah 24 ekor, pihak Pertamina RU II telah menyiapkan sekitar 2.400 tas yang dipesan dari Mitra Binaan Pertamina di wilayah Sungai Pakning.

“Sejak 2018 memang kami gencar kampanyekan program Beat Plastic Pollution. Awalnya melalui penggunaan botol minum atau tumblr menggantikan air mineral kemasan. Dilanjutkan pembagian daging kurban tanpa menggunakan plastik. Alhamdulillah program ini disambut baik oleh internal Pertamina dan semoga dapat menginspirasi masyarakat lainnya”, imbuh Muslim.

Ditemui pada kesempatan yang sama Camat Dumai Timur Irawan Sukma menyatakan apresiasinya kepada Pertamina RU II yang telah menjadikan program ini sebagai kegiatan rutin tahunan.

Ia pun menyatakan bantuan ini tentunya akan memberikan nuansa tersendiri bagi masyarakat di tengah jumlah hewan kurban di tiap-tiap masjid dan musholla yang tidak menentu setiap tahunnya.

“Bantuan ini merupakan program tahunan yang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Namun demikian, saya terus mengimbau kepada masyarakat Ring 1 untuk juga antusias menerima program pemberdayaan masyarakat dari Pertamina RU II yang sifatnya lebih jangka panjang dan bertahap,” kata Irawan.

Terkait sistem penyaluran hewan kurban, Muslim kembali menjelaskan pihaknya selama ini melakukan penyaluran melalui Masjid dan Musala khususnya di lingkungan Ring 1 Kilang Pertamina Dumai.

Khusus di Kelurahan Tanjung Palas, Pertamina RU II salurkan sejumlah 6 sapi yang berasal dari hewan kurban Pekerja Pertamina dan disalurkan melalui Masjid Al-Qiyam, Masjid Nurul Islam, Masjid Maulludaras, Masjid Istiqomah, Musala Al Fajar, Musala Babussalam dan Pondok Pesantren Haji Abdul Hamid.

Selain itu, untuk bantuan hewan kurban dari perusahaan sejumlah 7 ekor disampaikan melalui beberapa instansi atau lembaga di antaranya melalui Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau – Kota Dumai dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanjung Palas.

“Kami berharap bantuan hewan kurban dari Pertamina dapat menambah suka cita masyarakat dalam merayakan Idul Adha. Di samping itu, melalui program Green Qurban kami harap masyarakat juga dapat lebih menyadari pentingnya mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari,” pungkas Muslim.

Source Laksanakan Program Green Qurban, Pertamina Dumai Salurkan 24 Hewan Kurban

Leave A Reply

Your email address will not be published.