Kunjungan Peneliti Jepang ke Perhutani di Sukabumi

22

Sukabumi, Perhutani (14/08/2018) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi dikunjungi Tim Japan Society for the Promotion Science – Pendidikan Tinggi ( JSPS – Dikti ) dalam rangka studi banding mengenai pemanenan hasil hutan dan keselamatan kerja dalam kegiatan pemenenan hasil hutan, selasa (14/8).

Tim JSPS-Dikti yang dipimpin oleh Dr. Efi Yuliati Yofi dari Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kunjungan selama satu hari dengan tujuan melihat proses pemungutan hasil hutan di Perhutani Sukabumi. Turut dalam Tim tersebut peneliti Prof. Tetsuya Shimamura, Dr. Yozo Yamada dari Ehime University Jepang, dan Prof. Toshio Nitami serta Mrs. Kyouko Tobita dari Tokyo University.

Pada kunjungan tersebut Tim JSPS – Dikti mendapatkan kesempatan melihat kegiatan produksi yang ada di KPH Sukabumi. Lokasi yang dikunjungi Tim yaitu kegiatan tebangan kayu pinus di petak 84e Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Bentang Timur dan kegiatan sadapan pinus di petak 74e di RPH Gonggang Utara Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sagaranten.

Pada lokasi kegiatan tersebut peneliti melihat secara langsung proses kegiatan tebangan dari mulai pemotongan kayu, angkutan, hingga proses penimbunan kayu hutan di TPKh dan juga proses penyadapan serta pemungutan getah pinus.

Administratur Pehutani Sukabumi Asep Dedi Mulyadi yang turut mendampingi dalam kegiatan tersebut berharap kegiatan kunjungan yang dilakukan Tim akan memberikan wawasan dan tambahan pengetahuan dalam pelaksanaan teknik di bidang tebangan dan sadapan di KPH Sukabumi.

Source Kunjungan Peneliti Jepang ke Perhutani di Sukabumi

Leave A Reply

Your email address will not be published.