Kunjungan Pelajar Provinsi Bengkulu Ke Kawasan Industri Wijayakusuma

44

Jakarta, 16 Desember 2015

Program Siswa Mengenal Nusantara adalah program yang digulirkan oleh Kementerian BUMN, tujuannya agar adik-adik siswa mengenal lebih jauh keanekaragaman negara kita dengan mempelajari tempat yang didatangi dan kemudian ditularkan kepada teman-temannya di tempat asalnya. Lebih jauh lagi, diharapkan tunas-tunas muda penerus bangsa mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia sekaligus memajukan peradaban bangsa. Harapan ini juga menjadi bagian dalam “Membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders)” mengenai peran Kementerian BUMN dan dalam turut serta “Membangun kapasitas nasional (national capacity building)” melalui generasi muda penerus bangsa.

Program ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan yang diunduh dari situs Kementerian BUMN RI http://untuknegeri.bumn.go.id/page/term_of_ reference/ kegiatan pertukaran pelajar SMU seluruh Nusantara 2015, yaitu memberikan kesempatan kepada 17 pelajar SMU kelas XI pada setiap Provinsi, yang secara proporsional mewakili Kota/Kabupaten pada Provinsi tersebut. Peserta dikirimkan ke daerah lain selama dua minggu agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi lain. Pemilihan siswa dilakukan melalui system seleksi oleh BUMN PIC kegiatan pada setiap Provinsi bekerja sama dengan Dinas Pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dalam pelaksanaan kegiatan juga berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi.

Forum Komunikasi (Forkom) BUMN wilayah Jawa Tengah dalam dukungannya terhadap program BUMN tersebut diwujudkan dengan melakukan pertukaran pelajar antara Pelajar Provinsi Jateng dengan Pelajar Provinsi Bengkulu. Pisah sambut pelajar diadakan tanggal 13 Desember 2015 di Kator Gubernur Provinsi Jawa Tengah. Ditempat yang sama, sesuai jadwal pada tanggal 14 Desember 2015 diselenggarakan acara ramah tamah antara pejabat Gubernur dengan pelajar dari Bengkulu. Hari berikutnya, tanggal 15 Desember 2015 mengadakan kunjungan ke Kawasan Industri Wijayakusuma untuk melihat proses produksi beberapa pabrik di KIW dan menerima penjelasan proses pematangan lahan sambil melihat dari dekat lahan matang KIW yang siap jual.

DSC_2029Tujuan Pertama ke PT Nipon Indosari Corpindo perusahaan Bakery untuk distribusi Jawa Tengah dan DIY. Rombongan pelajar di terima oleh Manajemen PT Nipon Indosari pada jam 08.10 wib dan di presentasikan proses produksi dari bahan mentah sampai dengan menjadi roti yang siap didistribusikan ke berbagai kota. Ditawarkan pula kepada pelajar yang berkeinginan untuk membuka usaha, dapat bekerjasama dengan PT Nipon Indosari dengan membeli saham atau mendapatkan kesempatan untuk menjadi distributor atau agen dengan menyetor jaminan sebesar Rp. 12.000.000,-. Agen Sari Roti akan diberikan fasilitas Box Roti sepeda motor atau sepeda kayuh beserta boxnya. Setelah presentasi selesai, rombongan diperlihatkan proses produksi secara langsung. Saat ini Perusahaan yang berada di KIW ini memproduksi roti sebanyak 150.000 buah per 1 macam.

Tujuan kedua di KIW, yaitu mengunjungi PT Apparel One Indonesia (PT AOI) perusahaan garment yang mempunyai karyawan sebanyak 6.000 orang. Selain presentasi yang diberikan oleh Manajemen PT AOI, siswa belajar secara langsung dengan melihat dari dekat proses produksi dimulai dari bahan sampai dengan pakaian/kaos jadi. Hasil produksi PT AOI kualitasnya standar dunia dan harganya termasuk tinggi, dipasaran lokal kurang begitu laku, sehingga pasaran utamanya di luar negeri. Tujuan ketiga mengelilingi Kawasan Industri Wijayakusuma, melihat pabrik-pabrik dan lahan siap jual dengan pemandu Dirut PT KIW (Persero). Karena waktunya yang sempit, maka hanya sebagian kecil saja dari Kawasan yang dapat dikelilingi. Tak lupa pula selaku Dirut KIW dan selaku ketua Forkom Jateng & DIY mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga acara pertukaran pelajar dapat berjalan dengan lancar.

Source Kunjungan Pelajar Provinsi Bengkulu Ke Kawasan Industri Wijayakusuma

Leave A Reply

Your email address will not be published.