Kuala Tanjung Diproyeksikan Jadi Pelabuhan Terbesar

12

19 Maret 2018 —¬†Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo 1 Iman A Sulaiman mengatakan, Pelindo 1 saat ini tengah fokus melakukan pengembangan pelabuhan Kualatanjung di Kabupaten Batubara yang diproyeksikan sebagai pelabuhan terbesar dan menjadi hub internasional di kawasan Barat.

Tujuannya, kata Iman, saat tampil sebagai pembicara dalam seminar nasional bertajuk Manifesting North Sumatera as West Indonesia Main Maritim Gate Way yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri USU bekerjasama dengan Pelindo 1 di Auditorium USU, pekan lalu, yakni untuk mewujudkan peran Sumatera Utara sebagai beranda terdepan Indonesia guna memperlancar arus logistik barang ekspor dari Indonesia dan barang impor ke Indonesia.

Hal ini, lanjut Iman, mendukung konsep tol laut yang dicanangkan oleh pemerintah untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di Indonesia sehingga tercipta distribusi barang hingga ke pelosok daerah dan pemerataan harga logistik di seluruh wilayah Indonesia.

“Pelindo 1 melakukan pengembangan Kualatanjung secara bertahap guna memastikan rencana pengembangan sejalan dengan arah kebijakan pemerintah, pengembangan infrastruktur, konektivitas dan utilitas serta sesuai dengan kebutuhan pasar. Pembangunan Tahap I merupakan terminal multipurpose berkapasitas 600 ribu TEUs, tahap II Pengembangan Kawasan Industri 3.000 hektare, tahap III Pengembangan dedicated/hub port dan tahap IV Pengembangan Kawasan Industri Terintegrasi,” jelas Iman.

Asisten Corporate Secretary (ACS) Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami mengatakan, seminar nasional yang dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kepada para peserta seminar tentang pentingnya pembangunan infrastruktur lokal. Seminar nasional ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan acara Industrial Engineering Fair (IE Fair) 2018.

Seminar nasional ini berjalan secara interaktif tampak dari antusiasme peserta mahasiswa yang mengikuti jalannya seminar. Turut hadir dalam seminar tersebut di antaranya Staf Khusus Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi Kementerian Perhubungan Prof Wihana Kirana Jaya, dan Dosen Jurusan Teknik Industri USU Prof Dr Ir Sukaria Sinulingga sebagai pembicara.

Fiona Sari Utami menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata Pelindo 1 untuk turut andil dalam mengedukasi generasi muda sebagai tonggak untuk memajukan Indonesia di masa depan. “Kegiatan ini menjadi salah satu cara kami untuk memperkenalkan dunia maritim kepada generasi muda. Harapannya dengan kegiatan yang bermanfaat seperti ini mampu meningkatkan wawasan mahasiswa,” kata Fiona

Source Kuala Tanjung Diproyeksikan Jadi Pelabuhan Terbesar

Leave A Reply

Your email address will not be published.