KOSEKHANUDNAS III Bersama PT INALUM (Persero) Adakan Latihan Pertahanan Udara

42

Selasa, 20 Februari 2018 09:04:58

Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) III dan PT INALUM (Persero) sebagai salah satu Objek Vital Nasional (Obvitnas) mengadakan latihan bersama yang merupakan rangkaian Latihan Pertahanan Udara Nasional Perkasa C-18. Latihan dilaksanakan di Lapangan Utama Pabrik Peleburan PT INALUM (Persero) pada Senin tanggal 19 Februari 2018 pukul 10.00 s/d selesai. Maksud dan Tujuan Latihan bersama ini adalah untuk memberikan gambaran kepada seluruh pejabat dan karyawan PT INALUM (Persero) dalam mengahadapi situasi serangan udara dengan melakukan pertahanan udara pasif (Hanud Pasif) dan penanganan situasi gawat darurat. Selain itu juga sebagai pedoman bagi para pejabat dan seluruh karyawan PT INALUM (Persero) dalam menghadapi situasi gawat darurat.

Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso,M.M.,M.Tr.(Han) menghimbau agar kita selalu waspada kapanpun dan dimanapun.

”Kosekhanudnas berperan melaksanakan Latihan Pertahanan Udara dan menangkal ancaman serangan udara musuh terhadap Obvitnas PT INALUM (Persero)”, pungkasnya.

Senada dengan ini Manajemen PT INALUM (Persero) yang diwakili oleh Bapak Carry EF Mumbunan Direktur UMUM dan SDM berkata

“Semoga Simulasi sekaligus latihan bersama pertahanan Udara Nasional Perkasa C/18 berjalan dengan baik dan juga semoga Karyawan PT INALUM (Persero) belajar banyak dari Simulasi dan Latihan bersama ini”.

Simulasi ini dimulai dengan pengantar dari protokol, setelah itu Direktur UMUM dan SDM selaku Ketua Pusat Penanggulangan Keadaan Gawat Darurat (P2KGD) menerima Informasi dari Kosekhanudnas III atas kemungkinan terjadinya serangan udara dari pesawat asing terhadap obyek vital PT INALUM (Persero). Informasi pun ditindaklanjuti dengan dibunyikannya alarm bahaya, kemudian melalui pengeras suara diumumkan kepada seluruh karyawan untuk melakukan evakuasi, baik itu evakuasi karyawan maupun evakuasi dokumen berharga dan Pengamanan Aset.

Ketika proses evakuasi berjalan, pesawat tempur Kosekhanudnas III (2 pesawat Tempur Sergap Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12) berusaha menghalau pesawat tempur musuh. Namun dalam situasi itu ternyata pesawat musuh berhasil melakukan pengebomam terhadap gudang bahan bakar PT INALUM (Persero). Kejadian ini mengakibatkan terjadinya ledakan besar dan sejumlah karyawan dilaporkan menjadi korban ledakan tersebut.

Source KOSEKHANUDNAS III Bersama PT INALUM (Persero) Adakan Latihan Pertahanan Udara

Leave A Reply

Your email address will not be published.