Korban Dibawah Umur Tetap Dapat Santunan

66

07 Maret 2018, Humas DIY — Yogyakarta-Korban kecelakaan tak hanya dialami orang dewasa. Anak-anak dibawah umur (dibawah 17 tahun) pun kerap menjadi korban kecelakaan lalu lintas, baik itu kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Lalu bagaimana nasib korban kecelakaan lalu lintas yang usianya dibawah umur? Apakah mereka berhak mendapatkan biaya santunan dari Jasa Raharja? Pertanyaan ini kerap menjadi perbincangan ditengah masyarakat yang belum memahami betul tugas pokok dan fungi Jasa Raharja. Seperti yang disampaikan pendengar Radio Megaswara Kulonprogo saat mengikuti acara talkshow yang digelar oleh Jasa Raharja Cabang D.I. Yogyakarta bersama Satlantas Polres Kulon Progo pada Selasa (6/3/2018).

Mendapat pertanyaan tersebut, Humas Jasa Raharja DIY Aryo W Kusuma menerangkan, setiap korban kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan bermotor berhak mendapatkan santunan dari Jasa Raharja kecuali laka tunggal. Santunan itu meliputi biaya perawatan, meninggal dunia, dan cacat tetap.

“Bayi usia 1 tahun pun berhak mendapatkan santunan ketika ia mengalami kecelakaan lalu lintas,” kata Aryo.

Namun, korban kecelakaan yang masuk kriteria mendapatkan santunan adalah mereka yang terlibat kecelakaan antara dua kendaraan bermotor atau lebih. Pengayuh sepeda onthel dan pejalan kaki pun berhak mendapatkan santunan bila tertabrak kendaraan bermotor seperti mobil, sepeda motor, truk, bus, dan kendaraan bermotor lainnya.

“PT Jasa Raharja (Persero) juga tidak memandang korban dalam posisi benar atau salah. Sebab, benar dan salah itu kewenangan polisi, Jasa Raharja hanya fokus pada santunannya saja,” beber Aryo.

Kanit Laka Satlantas Polres Kulonprogo IPTU Ipung mengimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas. Bila bepergian dengan kendaraan sepeda motor hendaknya selalu mengenakan helm, membawa SIM dan STNK. Begitu pula dengan pengemudi mobil selalu mengenakan sabuk pengaman. “Jauh dekat wajib membawa helm, SIM, dan STNK. Perhatikan situasi lalu lintas, jangan ngebut dan melawan arus,” kata Ipung.

Source Korban Dibawah Umur Tetap Dapat Santunan

Leave A Reply

Your email address will not be published.