Kopi Malabar Di Novel LADU

29

JAKARTA, PERHUTANI (6/6/2016) | Sebuah novel lingkungan tentang kenikmatan kopi berjudul LADU karya Tosca Santoso baru-baru ini di launching di Kedai Tempo Utan Kayu Jakarta setelah novel pertamanya Sarongge diterbitkan dua tahun lalu (22/5/2016).

Uniknya tidak seperti acara lain, Tosca membuka acara launching buku ini dengan meramu berbagai jenis kopi untuk dihidangkan kepada semua tamunya. Ada kopi Gayo, Luwak, dan kopi Malabar dari kawasan hutan Perhutani Bandung Selatan.

“Ini kopi Malabar, rasanya enak, diakui ini kopi nomor empat di Amerika, kopi ini tanamannya ada di kawasan hutan Perum Perhutani Bandung Selatan dan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), luar biasa ya,” demikian Tosca Santosa menyampaikan saat meracik kopi di acara tersebut.

“Potensi tanaman kopi di hutan Perhutani apabila dikelola lebih lagi cukup menjajikan bagi Perhutani dan masyarakat,” lanjutnya

Data luas tanaman kopi di hutan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan mencapai 1.549,32 Ha dengan total produksi 173,9 ton pada 2015. Untuk mengelola tanaman kopi Perhutani melibatkan LMDH Rahayu Tani di BKPH Banjaran dan LMDH Kubang Sari di BKPH Pengalengan dengan sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) melalui production sharing. Selain Jawa Barat, masih banyak tanaman kopi hutan di Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang ditanam dengan pola agroforestry yaitu campuran tanaman hutan dan pertanian.

Menurut H Nuri Ketua LMDH Rahayu Tani dan salah satu anggota Asep Budi, produk kopi LMDH Rahayu Tani ini telah menembus pasar ekspor ke beberapa negara, .

Dalam novel LADO, di awal bukunya Tosca menulis tentang jenis-jenis kopi dan asal usulnya. Selain itu tokoh novelnya tak lepas dengan ulasan kopi di berbagai tanah nusantara. Novelis ini sepertinya sengaja mengenalkan kekayaan alam, dan budaya Indonesia dari berbagai perspektif kepada pembacanya.

Sebagai pemandu sekaligus pembicara pada acara launching LADU adalah novelis Ayu Utami.

Source Kopi Malabar Di Novel LADU

Leave A Reply

Your email address will not be published.