Kopi Darat Bangso Batak Forum Direktur Produksi INALUM Dorong Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba

33

Jum’at, 11 Mei 2018 16:41:34

Jakarta – Keindahan danau Toba, keramahan dan sikap melayani warga setempat adalah kunci utama majunya sektor pariwisata danau Toba. Hal ini menjadi tema besar diskusi Kopi Darat Bangso Batak Forum yang diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta (6/5). Selain itu, diskusi ini juga membahas kriteria ideal agar dapat menjadikan Danau Toba menjadi destinasi pariwisata yang sejajar dengan Yogjakarta maupun Bali.

Diskusi yang diisi oleh para Narasumber tersohor seperti Anggota Komisi V DPR RI Sahat Silaban, Komisaris Independen Indosat Elisa Lumbantoruan, Direktur Produksi PT INALUM (Persero) S.S. Sijabat, Tokoh Masyarakat Humbang Hasundutan Mombang Sihite, Pengamat dan Penggiat Digital Sihar Harianja dan Direktur Pemasaran Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Basar Simanjuntak ini juga membahas secara detil mengenai cara mempersiapkan kawasan danau toba menjadi satu daerah tujuan wisata yang ramah, menumbuhkan minat masyarakat untuk dapat menguasai informasi Kawasan Danau Toba dan mengembangkan masyarakat sekitar Danau Toba.

Direktur Produksi INALUM S.S. Sijabat dalam paparannya menyampaikan tentang Tinggi Muka Air (TMA) Danau Toba yang juga menjadi jantung operasi INALUM saat ini berkisar antara 902,4 – 905,0 meter di atas permukaan laut. Beliau menyampaikan bahwa kerusakan hutan di sekitar tangkapan air Danay Toba saat ini sudah sangat parah, sehingga jumlah air yg masuk Danau Toba sangat tinggi fluktuasinya dikarenakan rendahnya daya serap air oleh hutan sekitar Danau Toba.

Lebih lanjut, S.S. Sijabat menjelaskan bahwa secara umum kurang tersedianya sarana toilet dan hotel yang memenuhi standar kesehatan juga menjadi hambatan bagi pertumbuhan pariwisata Danau Toba. Hal inilah yang perlu segera dilakukan pembenahan sehingga dapat memajukan kawasan pariwisata Danau Toba menjadi lebih bersih, ramah dan bermartabat serta menumbuhkan kepedulian niat baik di masyarakat untuk kemajuan kawasan pariwisata Danau Toba. Hasil diskusi panel ini nantinya akan disampaikan kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata untuk menjadi referensi peningkatan kawasan pariwisata Danau Toba.

Source Kopi Darat Bangso Batak Forum Direktur Produksi INALUM Dorong Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba

Leave A Reply

Your email address will not be published.