Kontribusi ke Negara Meningkat, Pupuk Kaltim Raih Anugerah BUMN 2019

36

29 Maret 2019 | Pupuk Kaltim raih peringkat 3 kategori Ekspansi Global Terbaik pada Anugerah BUMN 2019, gelaran BUMN Track sebagai apresiasi bagi BUMN dan anak usaha BUMN yang dinilai berhasil mencapai peningkatan kinerja dan daya saing perusahaan di skala Nasional maupun Global. Penghargaan diterima Direktur Teknik dan Pengembangan Pupuk Kaltim Satriyo Nugroho, dari Managing Director Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Toto Pranoto, selaku Dewan Pakar BUMN di Grand Ballroom Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta, pada 28 Maret 2019.

Apresiasi didasari kinerja Pupuk Kaltim yang dinilai berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus perintis berbagai usaha baru yang potensial, serta memberi pembinaan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai salah satu sumber pendapatan negara melalui pajak.

Seluruh BUMN maupun anak usaha BUMN yang masuk kriteria penilaian terbagi atas dua kategori utama, yakni Big Corporate untuk perusahaan dengan revenue di atas Rp3 Triliun, serta Emerging Corporate untuk perusahaan dengan revenue di bawah Rp3 Triliun. Pupuk Kaltim masuk sebagai salah satu perusahaan pada kategori Big Corporate, dengan kinerja unggul yang menunjukkan peningkatan kontribusi kepada negara secara signifikan dari tahun ke tahun. “Pupuk Kaltim terus berupaya meningkatkan kinerja untuk mencapai realisasi target yang ditetapkan. Hal ini menjadi budaya Perusahaan dengan berbagai inovasi yang didukung SDM unggul di seluruh unit kerja,” ujar Satriyo Nugroho.

Diakui Satriyo, penghargaan ini menjadi semangat dan motivasi bagi Pupuk Kaltim untuk terus meningkatkan performa di berbagai bidang. Tak hanya realisasi target, namun juga pembinaan masyarakat melalui CSR yang juga terus dikembangkan pada berbagai bidang. Dijelaskan Satriyo, sepanjang 2018 Pupuk Kaltim mampu meningkatkan realisasi target produksi, penjualan, hingga tata kelola keuangan Perusahaan dan manfaat bagi masyarakat. Begitu pula untuk bidang penjualan Urea PSO maupun Urea Non PSO Dalam Negeri dan Ekspor turut meningkat dari tahun sebelumnya. Termasuk laba dan pemenuhan kontribusi kepada pemerintah berupa Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Retribusi Daerah, Wajib Pungut, Wajib Bayar, Pajak Pertambahan Nilai, Bea Masuk dan Dividen. “Seluruh pencapaian itu juga dibarengi berbagai penghargaan dan menjadikan Pupuk Kaltim sebagai Industry Leader di Indonesia, berdasarkan penilaian kinerja berbasis Malcolm Baldrige,” terang Satriyo.

Pupuk Kaltim kata Satriyo, terus berkomitmen melakukan inovasi di berbagai bidang, guna mendorong efisiensi sekaligus peningkatan nilai tambah dan daya saing Pupuk Kaltim sebagai salah satu perusahaan petrochemical industry bertaraf internasional. “Setiap tahun Pupuk Kaltim terus mengembangkan berbagai aplikasi untuk menunjang kinerja Perusahaan, sebagai langkah inovasi yang sejalan konsep digitalisasi industri 4.0. Targetnya ada 90 aplikasi yang akan diluncurkan hingga 2021 mendatang,” tutur Satriyo.

Sementara Pemimpin Redaksi BUMN Track Akhmad Kusaeni, mengatakan fokus penilaian Anugerah BUMN tahun ini sejauh mana BUMN maupun anak usaha BUMN berperan dalam pertumbuhan ekonomi, sekaligus peningkatan pendapatan nasional, khususnya di era industri 4.0, dan BUMN dituntut lebih inovatif dengan melakukan transformasi di luar bisnis inti perusahaan. “Saat ini kita lihat BUMN terus berlomba mengembangkan konsep transformation beyond core, dengan membangun berbagai startup. Jadi BUMN diminta tidak hanya berkutat di core business saja, sebab ketika platform berubah, maka model bisnis juga ikut berubah. Inilah poin penilaian pada tahun ini,” papar Kusaeni.

Source Kontribusi ke Negara Meningkat, Pupuk Kaltim Raih Anugerah BUMN 2019

Leave A Reply

Your email address will not be published.