Konflik Dengan Mendag, Buwas: Nggak Usah Diperpanjang

35

25 September 2018 | Jakarta РPerseteruan antara Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita terkait impor beras akhir-akhir ini semakin memanas. Menanggapi hal itu, Buwas mengatakan agar persoalan tersebut tidak diungkit lagi. Sebab ia tidak hal itu diperpanjang dan meluas.

“Sudah lah, itu nggak usah diperpanjang,” kata dia di Menara Kadin, Kuningan, Jakarta, Senin (24/9/2018). Persoalan tersebut bermula dari gudang Bulog yang penuh akibat pengadaan impor. Sehingga membuat Bulog mesti menggelontorkan Rp 45 miliar untuk menyewa gudang milik TNI.

Namun ternyata, persoalan tersebut tidak digubris oleh Enggar. Sebab menurutnya, urusan gudang penuh merupakan kewajiban Bulog sebagai pelaksana impor. Mendengar hal itu, Buwas naik pitam. Ia bingung atas respons Enggar karena kegiatan impor pada dasarnya merupakan tugas dari pemerintah. Ia meminta agar Bulog dan Kemendag dapat berkoordinasi menyelesaikan persoalan tersebut.

“Saya bingung ini berpikir negara atau bukan. Coba kita berkoordinasi itu samakan pendapat, jadi kalau keluhkan fakta gudang saya bahkan menyewa gudang itu kan cost tambahan. Kalau ada yang jawab soal Bulog sewa gudang bukan urusan kita, matamu! Itu kita kan sama-sama negara,” kata Buwas beberapa waktu lalu.

Masalah impor beras memang tengah menjadi sorotan lantara pemerintah masih berjibaku pada defisit neraca perdagangan. Terpisah, ekonom senior dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri mengatakan, kebijakan impor memang perlu mendapat pengawalan ketat agar tidak justru membebani perekonomian nasional.

Menurutnya, derasnya impor bisa membuat kinerja neraca perdagangan defisit. Defisit neraca perdagangan berpengaruh pada neraca pembayaran yang pada akhirnya mempengaruhi nilai tukar rupiah.

“Tadinya ada rekomendasi, sekarang tidak ada. Jadi seperti air bah sekarang (impornya),” ucap Faisal di Jakarta beberapa waktu lalu.

Source Konflik Dengan Mendag, Buwas: Nggak Usah Diperpanjang

Leave A Reply

Your email address will not be published.