Komponen Kedirgantaraan Nasional Siap Bersaing

39

26 Januari 2016 —¬†Industri komponen kedirgantaraan nasional siap bersaing di pasar internasional. Ketua Umum Indonesian Aircraft and Component Manufacture Assosiation (Inacom) Andi Alisjahbana mengatakan, industri nasional sudah mampu mendukung maskapai penerbangan nasional maupun internasional dengan menyuplai sejumlah komponen yang dibutuhkan.

Beberapa komponen yang sudah bisa dibuat di dalam negeri, yakni bagian interior, mulai dari kursi dan kaca pesawat. “Pesawat juga membutuhkan pemeliharaan, misalnya, interiornya harus diganti tiap tiga tahun dan ini bisa menggunakan komponen dalam negeri. Bahkan, beberapa maskapai swasta sudah menjadi customer kami,” ujar Andi di Jakarta, Senin (25/1).

Andi menjelaskan, industri komponen kedirgantaraan nasional juga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Apalagi, Indonesia memiliki banyak tenaga kerja terampil yang bisa memberikan nilai jasa. Salah satu petinggi PT Dirgantara Indonesia ini optimistis komponen kedirgantaraan buatan dalam negeri memiliki harga yang kompetitif.

Andi menambahkan, saat ini beberapa anggota Inacom fokus untuk membangun struktur pesawat N219 yang dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia. Sejauh ini, sebagian besar komponen yang sudah bisa dibuat oleh industri komponen kedirgantaraan Indonesia, yakni interior saja. Dia berharap, industri komponen nasional bisa membuat variasi produk lainnya seperti ban.

Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, Kemenperin memiliki beberapa program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah dalam mendukung pengembangan industri komponen kedirgantaraan nasional.

Program tersebut, di antaranya, melaksanakan bimbingan teknis kepada industri komponen agar memiliki kompetensi dan standar dalam pembuatan komponen pesawat. Selain itu, pemerintah juga melakukan identifikasi industri nasional yang memiliki potensi sebagai industri komponen pesawat udara.

Menurut Putu, sampai saat ini telah dilaksanakan beberapa bimbingan teknis untuk beberapa komponen, seperti rubber seal, interior, komponen metal, tools and jig, serta ban vulkanisasi pesawat. Tak hanya itu, pemerintah juga telah melaksanakan workshop pembuatan main and nose landing gear untuk pesawat N219.

Source Komponen Kedirgantaraan Nasional Siap Bersaing

Leave A Reply

Your email address will not be published.