Komitmen Pada Lingkungan, PLN Raih The Best Indonesia Green Awards 2016

24

Jakarta, 21 Mei 2016 – Prestasi membanggakan kembali diukir PT PLN (Persero) dengan sukses meraih penghargaan dari seluruh kategori perusahaan dalam kompetisi Indonesia Green Awards (IGA) 2016 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR. Penganugerahan IGA 2016 ini dilaksanakan di Taman Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (21/5). Penyerahan penghargaan ini diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, didampingi oleh Chairman La Tofi School of CSR dan penerimaan penghargaan untuk PLN diwakili oleh Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka. Dengan berhasilnya PLN membawa pulang predikat pemenang dari seluruh kategori perusahaan, otomatis PLN berhak menerima penghargaan sebagai The Best Indonesia Green Awards2016. Terdapat enam kategori penghargaan untuk perusahaan dalam IGA 2016, yakni:

1.    Penyelamatan Sumber  Daya Air

2.    Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan

3.    Mengembangkan Keanekaragaman Hayati

4.    Mempelopori Pencegahan Polusi

5.    Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu

6.    Membangun Mekanisme Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Lahan

I Made Suprateka menyatakan bahwa PLN sebagai korporat sudah seharusnya menciptakan lingkungan yang hijau demi kemaslahatan bumi. Dengan adanya ajang ini dapat memacu kinerja PLN untuk terus melakukan inovasi di bidang pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Kesuksesan yang diperoleh PLN dalam IGA 2016 ini merupakan suatu pencapaian terbaik bagi PLN karena telah mampu meningkatkan mutu lingkungan dan turut berperang melawan perubahan iklim.

Penghargaan IGA 2016 merupakan bentuk apresiasi dari pemerhati lingkungan di Indonesia yang diberikan kepada perusahaan, provinsi, kota, sekolah, dan perguruan tinggi yang dinilai berprestasi sangat baik dalam pelaksanaan program yang mendukung pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. IGA 2016 ini juga merupakan wujud apresiasi upaya-upaya seluruh pihak yang telah melaksanakan berbagai program untuk menyelamatkan bumi, khususnya meminimalisir dan mencegah dampak perubahan iklim yang lebih ekstrim. Berikut adalah program Green Action PLN yang diikutksertakan dan berhasil meraih penghargaan dalam IGA 2016, yaitu:

1.   Kategori Penyelamatan  Sumber  Daya Air

Program “Pola Tanam Konservasi Produktif” sebagai upaya menekan laju erosi dan peningkatan serapan air di Pagentan Banjarnegara. Daerah di mana program ini dijalankan memiliki topografi bergelombang dan berbukit dengan kemiringan lahan rata-rata 30% dan penutupan lahan kurang dari 50%. Program ini merupakan program pemberdayaan dan penyadaran masyarakat untuk mengubah pola tanam intensifikasi (palawija) menjadi pola tanam konservatif produktif (kopi, salak, albasia dan tanaman keras lainnya) sehingga mampu menahan erosi dan menjadi daerah resapan air yang lebih baik.

2.   Kategori Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan

Melalui program “Membiru”, PLN Membangun Biogas Rumah Tangga dan berhasil memanfaatkan limbah dari kotoran hewan menjadi energi baru terbarukan.  Dengan program tersebut penduduk bisa mendapatkan manfaat langsung, baik secara ekonomi, kesehatan dan ketersediaan energi ramah lingkungan.

3.   Kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati

PLN telah melaksanakan program “Konservasi Pulau Panjang Jepara”, melalui aksi yang meliputi rehabilitasi ekosistem pesisir pada terumbu karang dan penanaman lamun serta melakukan tindakan perlindungan karang endemik di pulau tersebut. Program ini memberi manfaat untuk meningkatkan keanekaragaman hayati dan mengurangi ancaman kerusakan keanekaragaman hayati di Pulau Panjang, lokasi ini juga menjadi kawasan edukasi dan riset untuk proses akademik sejumlah akademisi di Jawa Tengah.

4.   Kategori Mempelopori Pencegahan Polusi

Program “Mengubah Limbah Menjadi Berkah” telah membawa PLN menjadi pemenang kategori ini dengan menerapkan pemanfaatan fly ash dan bottom ash menjadi produk paving block dan bata ringan di PLTU Asam Asam. Jika dua jenis limbah tersebut tidak dikelola dengan baik, maka dapat menyebabkan polusi pada lingkungan sekitar. Melalui program Program Reduce, Reuse, Recycle (3R), limbah fly ash dan bottom ash dapat menjadi produk dan mampu mengurangi polusi tanah, air dan udara, khusunya di area PLTU Asam Asam dan kawasan sekitarnya.

5.   Kategori Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu

PLN bekerjasama dengan sejumlah elemen masyarakat telah menjalankan program “Pembentukan dan Penguatan Bank Sampah Induk di Kota Bandung”. Dengan program ini, PLN mendorong tumbuhnya program pengelolaan sampah berbasis pemberdayaan masyarakat. Pembentukan dan penguatan bank sampah induk mampu mendorong berkembangnya bank sampah unit dan partisipasi warga untuk memilah dan mengolah sampah secara massal. Program ini juga bertujuan untuk mendorong terciptanya pola pengelolaan sampah terpadu berbasis pemberdayaan masyarakat dan terbentuknya komunitas yang peduli terhadap persoalan lingkungan dan menjadi kawasan percontohan lingkungan bersih di Kota Bandung.

6.   Kategori Membangun Mekanisme Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Lahan

PLN mendukung program “Penyelamatan Hutan” dengan melaksanakan aksi penanaman pohon di area hutan yang telah terbakar, tepatnya di Hutan Samboja Lestari, Kalimantan Timur. Selain itu, telah disusun pula program pencegahan kebakaran hutan melalui edukasi kepada segenapstakeholders agar dapat berkontribusi dalam usaha pencegahan dan perawatan hutan dari resiko-resiko yang bisa menyebabkan rusaknya hutan.

7.   Kategori Lainnya

Kategori lainnya yang berhasil diraih PLN dalam IGA 2016 adalah “Budidaya Padi Organik”. Program ini pada dasarnya menjaga kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas hasil pertanian. Dengan adanya program budidaya ini dapat mendorong sejumlah Kelompok Tani di Ciapus Banjaran Bandung untuk mengubah pola pertanian yang mengandalkan obat-obat berbahan kimia menjadi pola pengelolaan pertanian organik. Dengan pola pertanian organik, maka ekosistem dan kesuburan tanah terjaga. Adapun pola pertanian organik di wilayah tersebut juga terbukti mampu meningkatkan hasil panen dan nilai jual produk.

“Semoga apa yang dilakukan PLN ini dapat menginspirasi semua pihak untuk secara bersama-sama aktifberupaya melestarikan lingkungan yang berdampak besar pada keberlanjutan pembangunan yang berwawasan lingkungan,” pungkas Made ketika menghadiri penganugerahan IGA 2016.

Kontak :
Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Twitter. @agungmurdifi
Email. [email protected]

Source Komitmen Pada Lingkungan, PLN Raih The Best Indonesia Green Awards 2016

Leave A Reply

Your email address will not be published.