Kolaborasi Penggiat Lingkungan Hijaukan Kawasan Arak-Arak

13

BONDOWOSO, PERHUTANI (23/3/2015) – Perhutani Bondowoso terus membangun kolaborasi dengan para penggiat lingkungan dalam rangka pelestarian hutan utamanya pada kawasan hutan yang memerlukan penanganan khusus melalui bakti sosial penghijauandi lokasi petak 72 Kawasan Arak – Arak, Bondowoso, Sabtu (21/3).

Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso, Damanhuri menyambut dengan baik atas tumbuhnya prakarsa masyarakat peduli hutan ini dengan mengajak diskusi, menampung gagasan dan menyusun kegiatan bersama.

Hal menarik yang patut dipresiasi yaitu munculnya kepedulian masyarakat Bondowoso dari berbagai elemen untuk ikut berperan aktif melakukan berbagai kegiatan konservasi kawasan hutan. Komunitas penggiat lingkungan ini dipelopori oleh lembaga masyarakat mitra Perhutani yaitu Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Sosial Masyarakat (LP2SM) Bondowoso.

Dengan kekuatan 80 personil para penggiat lingkungan yang terdiri dari unsur LSM LP2SM, santri Pondok Pesantren Nurul Islam Banyuputih Desa Wringin, warga jemaat gereja GPPS, Gereja Kristen Indonesia dan warga persatuan Orari Bondowoso serta tenaga konservasi lainnya melakukan penyiangan dan pemupukan 1.500 tanaman buah-buahan yang telah ditanam sebulan lalu (17/1) serta menanam 1.000 bibit baru terdiri Trembesi, Nyamplung dan Kersen di lokasi petak 72 Kawasan Arak – Arak.

Jenis tanaman buah dipilih untuk mempercepat tutupan hutan yang masih kosong atau untuk pemadatan. Kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan fungsi ekologi hutan dan untuk menunjang sumber-sumber pakan bagi serangga, burung-burung, kera dan satwa lainnya.

Source Kolaborasi Penggiat Lingkungan Hijaukan Kawasan Arak-Arak

Leave A Reply

Your email address will not be published.