Kiw Menyusun Manajemen Resiko (Mr) Terkini

43

Jakarta, 25 Februari 2016

Amanah PT KIW (Persero) sebagaimana tercantum dalam Anggaran Dasar adalah turut serta dalam melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan program pemerintah dibidang ekonomi dan pembangunan nasional berupa penyediaan prasarana, melaksanakan pembangunan serta pengurusan, pengurusan, penguasahaan dan pengembangan kegiatan usaha kawasan industry. Dalam upaya meraih tujuan tersebut pasti mengalami adanya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang datang dari lingkungan internal maupun eksternal yang dapat menyebabkan kegagalan dalam pencapaiannya, sehingga menjadikan ketidakpastian.

Ketidakpastian merupakan merupakan resiko bisnis yang tidak mungkin dihindari, namun harus dikelola melalui suatu mekanisme yang dinamakan “Manajemen Resiko”. Manajemen resiko adalah pengelolaan kejadian-kejadian yang dapat mengancam pencapaian tujuan/sasaran perusahaan melalui penanganan pada penyebab utama yang dapat memicu timbulnya kejadian-kejadian tersebut.

Perusahaan yang tidak dapat mengelola resiko dengan baik akan menyebabkan terjadinya pemborosan sumber dana dan waktu serta tidak tercapainya tujuan perusahaan, bahkan mungkin lebih fatal lagi dapat menyebabkan kebangkrutan, sedangkan perusahaan yang dapat mengelola resiko dengan baik akan mempunyai tingkat sustainable yang lebih tinggi, bahkan dapat berkembang dengan baik. Sehubungan hal tersebut diatas PT KIW (Persero) dengan BPKP Provinsi Jateng melakukan kerjasama dalam pembenahan Manajemen Resiko (MR) yang dirasa masih banyak kekurangannya. Dalam penyusunan pedoman MR dan implementasinya, BPKP melakukan pendampingan kepada Tim MR KIW dan Bagian yang terlibat. Pendampingan penyusunan pedoman MR dimulai pada bulan Januari 2016 dan akan terus dilaksanakan sampai dengan pembuatan laporan monitoring MR.

Source Kiw Menyusun Manajemen Resiko (Mr) Terkini

Leave A Reply

Your email address will not be published.