Kisel Masuk Daftar 300 Koperasi Kelas Dunia

11

Senin, 15 Februari 2016 | 14:35

Jakarta | Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga membeberkan rapor biru tentang koperasi di Indonesia di depan Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir.

Rapor ini disampaikan saat pertemuan dengan KEIN membahas Kebijakan dan Program Pembangunan Koperasi dan UMKM dalam Mendukung Sektor Industri dan Perekonomian di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Senin (15/2/2016).

Menurut Puspayoga, koperasi di Indonesia berhasil masuk dalam daftar 300 koperasi berkelas dunia. Rating ini dibuat oleh organisasi koperasi internasional, yaitu International Cooperative Alliance (ICA). Koperasi Indonesia yang berhasil menembus 300 koperasi kelas dunia yaitu Koperasi Telkomsel (Kisel) Jakarta dan koperasi ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam rating tersebut.

“Koperasi di Indonesia sudah ada yang berhasil menembus koperasi dunia, yaitu Koperasi Telkomsel yang berada di peringkat 123 dari 300 koperasi berkelas dunia,” tegasnya.

Menurut Puspayoga, negara yang paling banyak mempunyai perwakilan dalam daftar tersebut adalah Amerika Serikat (AS) yang menyumbang 100 koperasi dalam daftar koperasi berkelas dunia versi ICA ini.

Kendati demikian, Puspayoga meyakini akan lebih banyak koperasi Indonesia yang bisa menembus rating tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan, penataan dan rehabilitas terhadap koperasi-koperasi di Indonesia. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar peran koperasi kembali dirasakan secara luas oleh masyarakat.

“Ada arahan dari Presiden untuk merehabilitas koperasi-koperasi yang ada. Hingga saat ini, sudah 62 ribu koperasi yang kita bubarkan karena sudah tidak aktif dan tidak masuk data base kita. Tetapi ada 142 ribu koperasi yang kini sudah punya nomor induk dan kita masukan ke dalam data base,” tukasnya.

Source Kisel Masuk Daftar 300 Koperasi Kelas Dunia

Leave A Reply

Your email address will not be published.