Kinerja Positif Pelindo I Sepanjang Awal Tahun 2019

9

4 Juli 2019 | Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mencetak kinerja positif yang tercermin dari performa kinerja operasional cabang-cabang pelabuhan yang dikelola Pelindo 1 mengalami peningkatan. Salah satunya bongkar muat barang di Pelabuhan Belawan sampai dengan Mei 2019 tercatat mengalami peningkatan 17,58% yang mencapai 4.316.927 Ton, sementara pada periode yang sama pada tahun lalu mencapai 3.671.344 Ton.

Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya bongkar muat sejumlah komoditi di Pelabuhan Belawan, seperti Minyak sawit (turunannya) sebesar 20,50% yang mencapai 1.304.286 Ton/m3 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 yang sebesar 1.082.323 Ton/m3, semen curah sebesar 44,63% yang per Mei 2019 mencapai 345.160 Ton/m3 dibandingkan pada tahun lalu sebesar 191.085 Ton/m3.

“Arus penumpang di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan hingga Mei 2019 ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pelindo 1 melayani 121.995 orang, yang meningkat dua kali lipat dibanding periode yang sama sebesar 39.849 orang,” jelas VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami di Jakarta, Kamis (4/7/2019).Selain di Pelabuhan Belawan, Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB) juga mengalami peningkatan kinerja operasional pelabuhan yang ditunjukkan dengan jumlah peti kemas yang mampu dibongkar/muat sebesar 41 B/S/H (Box/Ship/Hour) per Mei tahun 2019 yang mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 yang sebesar 38 B/S/H. Hal ini di atas Standar Kinerja Bongkar Muat Peti Kemas di TPKDB yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan yang sebesar 30 B/S/H.

Senada dengan TPKDB, kinerja operasional Belawan International Container Terminal (BICT) juga mengalami peningkatan yakni sebesar 52B/S/H (Box/Ship/Hour) per Mei tahun 2019 yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, tahun 2017 sebesar 49,05 BSH dan tahun 2018 sebesar 49,85 B/S/H. Angka ini di atas Standar Kinerja Bongkar Muat Peti Kemas di BICT yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan yang sebesar 32 B/S/H.

“BICT menerapkan budaya “Hot Seat Shake Hand” bagi para pekerja lapangan yang akan melakukan pertukaran shift pekerjaan. Budaya ini merupakan kebiasaan yang positif yang diterapkan di BICT untuk meningkatkan pelayanan operasional kepada para pengguna jasa. Ke depanya, Pelindo 1 akan terus meningkatkan pelayanan, menciptakan terobosan-terbosan baru, dan ekspansi bisnis yang turut mendukung kemajuan industri kemaritiman di Indonesia,” tutup Fiona Sari Utami.

Source Kinerja Positif Pelindo I Sepanjang Awal Tahun 2019

Leave A Reply

Your email address will not be published.