Kinerja Keuangan Sangat Bagus ASDP Kembali Raih Penghargaan

9

20-10-2016 | Jakarta — PT ASDP Indonesia Ferry kembali meraih penghargaan Infobank BUMN Awards Tahun 2016 kategori industri non-keuangan yang berpredikat “Sangat Bagus” atas kinerja keuangan selama tahun 2015.

Perhelatan Infobank BUMN Awards 2016 ini untuk yang ketujuh kalinya dan kali ini diselenggarakan di Ballroom Hotel Shangrilla Jakarta, Kamis (20/10) yang turut dihadiri juga oleh Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Kementerian BUMN, Gatot Trihargo.

Plt Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengapresiasi penghargaan yang diberikan Infobank kepada perseroan tahun ini. “Tentu ini anugerah luar biasa, kami kembali meraih penghargaan dengan predikat sangat bagus untuk kinerja keuangan tahun 2015. Semua ini juga berkat kerja keras seluruh tim direksi dan karyawan PT ASDP,” katanya usai menerima penghargaan, Kamis (20/10).

Menurutnya, sebagai korporasi negara, PT ASDP berperan besar untuk  memberi keuntungan & deviden melalui Jasa angkutan penyeberangan & jasa pelabuhan. Namun demikian, perseroan memastikan kinerja keuangan dikelola sebaik mungkin, akuntabel, transparan, dan sesuai dengan Good Corporate Governance (GCG).

ASDP merupakan perusahaan feri pelat merah terbesar di tanah air, bahkan di Asia, dengan total jumlah armada 139 unit kapal. Saat ini ada 195 lintasan pelayaran penyeberangan yang dilayani ASDP, dengan total panjang mencapai 24.600 kilometer dari Sabang hingga Merauke, yang menghubungkan seluruh pulau di Indonesia.

Menyoal kinerja perusahaan, pada 2016 ini ASDP membidik target pendapatan sebesar Rp2,6 trilliun atau tumbuh 118% dibandingkan realisasi di 2015 sebesar Rp2,2 triliun. Sedangkan, laba bersih perseroan ditargetkan sebesar Rp248 miliar hingga akhir tahun ini, atau tumbuh 110% dibandingkan realisasi di 2015 sebesar Rp224 miliar.

Untuk pencapaian pada semester I-2016, ASDP berhasil membukukan laba bersih Rp88,5 miliar atau tumbuh 22% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebesar Rp72,5 miliar. Perseroan juga berhasil meraih pendapatan sebesar Rp1,11 triliun atau tumbuh 3% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebesar Rp1,08 triliun.

Manajemen pun tengah menggenjot percepatan dan pembangunan infrastruktur pelabuhan, dan meningkatkan kinerja pendapatan, pelayanan serta keselamatan. Adapun, total kebutuhan investasi untuk 2016 sekira Rp2,3 triliun.

Eko Supriyanto, Pemimpin Redaksi Infobank menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan kepada perusahaan BUMN dilakukan berdasarkan riset mendalam sesuai kategori yang ditentukan. “Penilaian dilakukan berdasarkan kinerja keuangan perusahaan. Sebagai agen pembangunan negara, pengelolaan bisnis BUMN sudah seharusnya memperhatikan GCG, transparansi, dan inovasi produk,” tuturnya.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Kementerian BUMN, Gatot Trihargo mengatakan, perusahaan BUMN diharapkan lebih terbuka, transparan, dan dekat dengan rakyat kecil. Kepada seluruh direksi BUMN diharapkan memiliki dorongan ekstra untuk mendukung sinergi BUMN dalam membangun negeri ini.

“Apresiasi yang dilakukan oleh Infobank ini menjadi bukti dan pengakuan adanya prestasi BUMN yang murni dalam hal kinerja yang lebih produktif, dan memberikan manfaat yang lebih besar kepada rakyat Indonesia,” tuturnya.

Source Kinerja Keuangan Sangat Bagus ASDP Kembali Raih Penghargaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.