Khawatir Harga Beras Melonjak, OP Digelar

29

03 September 2018 | TIM Pengawasan Pangan Terpadu Karawang mulai membanjiri pasar dengan operasi pasar (OP) beras. Tindakan itu dilakukan karena kekhawatiran harga beras melonjak.

“Operasi pasar untuk mencegah kenaikan harga beras di Karawang telah kita lakukan dalam sepekan ini,” ungkap Sekretaris Tim Pengawasan Pangan Terpadu Karawang, Kadarisman, kemarin. Kadarisman yang juga menjabat Kepala Dinas Pangan mengakui saat ini harga beras di Karawang masih relatif normal. Saat ini, harga tertinggi beras di Karawang masih normal, yakni Rp11 ribu per kilogram.

OP dilakukan, dalih Kadarisman, untuk menambah pasokan beras di pedagang dan masyarakat langsung. OP digelar melalui kerja sama dengan Perum Bulog untuk penyediaan beras komersial. Menurutnya, kondisi pasokan beras kepada para pedagang relatif normal. Termasuk pasokan beras untuk wilayah Jakarta dari Karawang.

Sebaliknya di Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Garut, dan Banjar, Jawa Barat, sejumlah pengilingan padi selama kemarau ini terpaksa berhenti. Kebutuhan gabah kering giling tidak terpenuhi karena terjadi kekosongan. Petani menyimpan gabah mereka untuk kebutuhan sehari-hari.

“Saat ini banyak petani menyimpan gabah dan jika menggiling, mereka menggunakannya seperlunya untuk kebutuhan keluarga. Mereka enggan menjual ke Bulog karena harganya murah. Sebagian petani menjual ke tengkulak dan penggilingan dengan harga GKP Rp4.700/kilogram dan GKG Rp5.500-Rp6.000/kilogram,” kata Engkus, 55, pemilik penggilingan warga Kampung Cicurug, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, kemarin. Demeng Kusnadi, 65, petani Kampung Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengatakan mereka tidak mau menjual ke Bulog karena dihargai Rp3.700 per kilogram.

Sementara itu, Tim Satgas Pangan Polda Jatim melalui Subdit Indagsi Ditreskrimsus mengungkap kasus peredaran beras oplosan yang sudah beredar di pasaran. Dari hasil pengembangan penyidikan, ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim Kombes Agus Santoso di Surabaya, kemarin, beras merek dagang Mentari ialah kualitas medium dijual dengan harga beras premium.

Source Khawatir Harga Beras Melonjak, OP Digelar

Leave A Reply

Your email address will not be published.