Keuntungan yang Didapatkan dalam Melakukan Transaksi di Bursa Berjangka

Posted by
WOW! 8 Keuntungan Transaksi di Bursa Berjangka yang Kamu Dapatkan

Bursa berjangka merupakan pasar yang memperdagangkan sebuah kontrak berjangka atau instrumen keuangan lain dengan harga tertentu berdasarkan pada peraturan dan regulasi yang berlaku. Bursa memiliki sistem perdagangan kontrak berjangka yang secara umum memiliki aktivitas yang sama dengan perdagangan lainnya.

Dalam bursa berjangka, memiliki mekanisme pasar yaitu berupa permintaan dan penawaran yang transparan. Oleh karena itu, bursa berjangka perlu memiliki sistem price make agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berikut merupakan keuntungan yang didapatkan dalam melakukan transaksi di bursa berjangka.

Keuntungan yang Didapatkan dalam Melakukan Transaksi di Bursa Berjangka

  1. Margin

Dalam sebuah pasar bursa, margin memiliki pengertian sebagai sebuah jaminan yang wajib ditempatkan oleh pembeli maupun penjual dengan tujuan dalam menjamin pelaksanaan transaksi di antara dua pihak tersebut. Besaran margin yang ditentukan biasanya di bawah sepuluh persen dari total keseluruhan nilai kontrak.

Dengan memperhatikan sejumlah margin dalam proses transaksi pada bursa berjangka. Oleh karena itu, dapat dinilai sebagai seseorang yang memiliki kemampuan finansial untuk bertransaksi pada bursa berjangka.

  1. Peluang Dua Arah

Keuntungan dalam bertransaksi di bursa berjangka yaitu adanya peluang untuk masing-masing pihak yang bersangkutan, ketika terjadi kenaikan maupun penurunan harga komoditas tertentu. Hal ini bisa terjadi ketika harga kontrak mengalami perubahan.

Perubahan yang terjadi inibiasanya dimanfaatkan oleh investor maupun speculator yang akan menjual kontrak berjangka ketika harga mengalami penurunan. Kemudian membeli lagi aset kontrak berjangka ketika harganya rendah. Selanjutnya, jika harga diperkirakan naik maka investor akan membeli kontraknya.

  1. Melindungi Nilai (Hedging)

Ketika melakukan transaksi pada bursa berjangka, hal ini memungkinkan para pelaku usaha komoditi untuk dapat mengelola risiko yang siakibatkan oleh pergerakan harga. Hal ini memnuat para pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dengan tingkat kepastian yang lebih tinggi dan efisien.

Kontrak berjangka dan produk derivatif lainnya merupakan salah satu pilihan instrument yang tepat dalam pengelolaan risiko dari perubahan harga. Hedging merupakan upaya atau strategi dalam melindungi nilai komoditi dari risiko yang disebabkan oleh perubahan harga komoditi.

  1. Kemampuan Daya Ungkit (Leverage)

Keuntungan transaksi pada bursa berjangka menjadi salah satu faktor yang dapat memicu trader dalam memperdagangkan komoditi dengan nilai total kontrak berkali-kali lipat agar mendapatkan hasil yang lebih besar dibandingkan dengan margin yang sudah ada sebelumnya.

Kemampuan memperdagangkan komoditi dengan nilai total kontrak berkali-kali lipat besarnya ini disebut dengan leverage. Hal ini diartikan sebagai kemampuan dalam memberikan peluang untuk trader dalam mendapatkan keuntungan yang lebih bersih daripada modal yang dikeluarkan.

  1. Sebagai Lembaga Kliring

Lembaga kliring merupakan sebuah lembaga yang keberadaannya dianggap penting pada pasar berjangka. Hal ini berkaitan dengan penilaian kredibilitas pada sebuah bursa. Kemampuan dalam penilaian yang dilakukan lembaga kliring yang dinilai atas kemampuannya dalam menyelesaikan transaksi yang terjadi pada bursa.

Lembaga sejenis yang berlaku pada Indonesia yaitu Kliring di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) yang dilakukan oleh Indonesia Clearing House (ICH) ICH memiliki tugas yaitu bertanggung jawab dalam menyediakan fasilitas penyelesaian dari transaksi kontrak berjangka.

Dapat disimpulkan, jika Anda menjalankan bisnis bursa berjangka mendatangkan beberapa keuntungan jika dijalankan dengan benar diantaranya margin, peluang dua arah, melindungi nilai (hedging), kemampuan daya ungkit (leverage) dan sebagai lembaga kliring.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai keuntungan yang didapatkan jika Anda menjalankan bursa berjangka. Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya pada laman https://www.icdx.co.id/. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *