Ketika Generasi Z Kunjungi GSN

16

19 April 2016

Surabaya –  Terminal penumpang modern di Indonesia, Gapura Surya Nusantara (GSN), tak henti-hentinya menebarkan pesona kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Kali ini, GSN kedatangan rombongan dari siswa SMP Negeri 20 Surabaya. Terdapat 380 siswa dari kelas 8 dan 30 guru pendamping ambil bagian dalam Kegiatan Tengah Semester (KTS) yang rutin diadakan oleh sekolah yang berlokasi di Surabaya Barat ini. Selain GSN, para siswa dan guru SMP Negeri 20 Surabaya juga berkunjung ke Museum Mpu Tantular dan Pantai Kenjeran.

Setibanya di terminal penumpang GSN, panitia KTS membagi siswa menjadi 3 (tiga) kelompok untuk memudahkan penyampaian informasi seputar fungsi dan fasilitas GSN. Kelompok I didampingi oleh Asisten Manager Hukum dan Humas, Oscar Yogi Yustiano, kelompok II didampingi oleh Asisten Manager Terminal Penumpang dan Ro-Ro, Pitria Kartikasari, dan kelompok III didampingi oleh Staf Humas, Jufrianto Siahaan. Secara bergantian, para siswa diberi penjelasan tentang proses pemeriksaan barang dan penumpang, proses pemeriksaan tiket (boarding) serta proses debarkasi.

Identitas Generasi Z atau biasa disebut Gen-Z kuat melekat pada penampilan para siswa: energik, kritis, seragam batik yang modis, sepatu kets trendi dan tak lupa gadget keren untuk mengabadikan momen penting sepanjang acara. Meskipun begitu, mereka tetap menunjukkan ketertarikan terhadap latar belakang sejarah terminal penumpang.

Gimana sih sejarah berdirinya Gapura Surya Nusantara ini?” tanya Novara, siswa kelas 8 H.

Dengan ramah, Oscar Yogi merespon pertanyaan tersebut dengan memaparkan secara rinci tentang peran regulasi pemerintah, minat masyarakat Indonesia yang cukup tinggi terhadap moda transportasi laut hingga potensi kunjungan kapal pesiar ke Surabaya.

“Undang Undang nomor 17 tahun 2008 mendorong Pelindo III untuk berinovasi meningkatkan fasilitas pelayanan publik. Karena besarnya minat masyarakat terhadap kapal laut, Pelindo III merombak terminal penumpang yang sudah ada dengan terminal penumpang baru dengan kapasitas yang lebih besar. Apalagi, Surabaya juga mulai dilirik oleh operator kapal pesiar sebagai daerah tujuan wisata,” jelas alumni WMU Malmö Swedia ini.

Para peserta KTS ini selanjutnya dibawa menuju lantai 2 untuk melihat fasilitas garbarata yang menjadi akses alternatif bagi para penumpang baik dari kapal menuju terminal ataupun sebaliknya. Ekspresi para siswa dan guru pun semakin terpana ketika perjalanan berlanjut menuju ke lantai 3 dengan suguhan pemandangan taman atap (roof garden). Mereka memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto bersama dengan berbagai macam angle.

Salah satu guru, Ziane Irma Ilona, sempat bercerita tentang pengalaman pribadi menggunakan kapal penumpang dari Surabaya menuju Kendari.

“Sekitar tahun 2000, saya pernah menggunakan kapal laut menuju kampung halaman. Suasana pelabuhan begitu sesak. Tidak seperti sekarang,” kenang guru mata pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) ini.

Bagi Pelindo III Cabang Tanjung Perak, kunjungan siswa SMP Negeri 20 Surabaya ini menjadi kunjungan perdana dari tingkat pendidikan menengah pertama.

“Sejak awal diresmikan hingga tahun 2015, siswa SMP tidak pernah berkunjung ke GSN,” ungkap Oscar Yogi.

Ia menambahkan, kunjungan dari institusi pendidikan justru didominasi oleh tingkat universitas atau perguruan tinggi sehubungan dengan minat para mahasiswa yang ingin mengenal lebih dalam tentang proses bisnis pelabuhan.

“Sepanjang tahun 2014, kunjungan dari perguruan tinggi tercatat mencapai 75 persen dari total 16 kunjungan. Di tahun 2015, jumlahnya meningkat meski secara persentase menurun, yaitu 63 persen dari total 27 kunjungan,” papar pria yang akrab disapa Yogi ini.

Melalui kunjungan ini, para siswa diharapkan mampu menjadi endorser Pelindo III dalam mengubah persepsi masyarakat tentang terminal pelabuhan kapal laut. Bahwa, GSN merupakan bukti nyata terminal penumpang modern dan ramah lingkungan serta jauh dari kesan kumuh. Tidak hanya itu, GSN juga dapat difungsikan sebagai tujuan wisata yang berbasis kemaritiman.

Source Ketika Generasi Z Kunjungi GSN

Leave A Reply

Your email address will not be published.