Kerjasama PLDT Perhutani dan LMDH di Banyuwangi

43

Banyuwangi Utara, Perhutani (8/3/2018) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Utara menghadiri tasyakuran dimulainya kerjasama Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan (PLDT) antara KPH Banyuwangi Utara dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Karangrejo di halaman rumah Ketua LMDH Karangrejo pada kamis (8/3). Acara dihadiri Camat Wongsorejo, Kepala Desa Wongsorejo, Kepala Desa Alasbuluh, Kapolsek Wongsorejo, Koramil Wongsorejo.

Dalam sambutannya Administratur Banyuwangi Utara diwakili Wakil Administratur, Benny Mukty mengatakan Perhutani telah bermitra dengan LMDH Karangrejo sejak 2009. Penyerahan Perjanjian Kerjasama (PKS) mikro ini sebagai bentuk legalitas dan peraturan terkait kerjasama dibidang PLDT, sehingga dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan di lapangan serta harus memperhatikan 3 aspek yaitu ekologi, sosial dan ekonomi. Selain PLDT terdapat bantuan dana sharing yang diterima oleh LMDH diseuaikan dengan produksi di masing-masing wilayah, diharapkan kerjasama ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dengan tetap menjaga kelestarian hutannya.

Ketua LMDH Karangrejo, Sunar mengucapkan terima kasih kepada Perhutani atas kerjasama pemanfaatan lahan dibawah tegakan yang meliputi 11 anak petak dengan luas 617,45 Ha di hutan RPH Alasbuluh BKPH Watudodol dan mengakomodir kurang lebih 500 pesanggem di wilayah 4 Desa yaitu Desa Alasbuluh, Desa Wongsorejo, Desa Sidowangi dan Desa Watukebo khususnya Dusun Pringgodani.

LMDH sebagai mitra Perhutani merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM), melakukan bentuk kerjasama saling menguntungkan untuk menuju terealisasinya kelestarian sumberdaya hutan dan kesejahteraan masyarakat. LMDH Karangrejo juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkepentingan (Stakeholder), masyarakat disekitar hutan yang mempunyai perhatian dan berperan serta dalam mendorong optimalisasi PHBM, Pemerintah daerah, muspika, TNI, Polri dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Source Kerjasama PLDT Perhutani dan LMDH di Banyuwangi

Leave A Reply

Your email address will not be published.