Kerja Bersama dari Kuala Tanjung Otorita Asahan Serahkan Aset Lahan kepada INALUM

40

Senin, 28 Agustus 2017 11:57:11

Sejak perubahan status korporasi dari Penanaman Modal Asing menjadi Badan Usaha Milik Negara, INALUM sebagai perusahaan peleburan satu-satunya di Indonesia telah meredefinisikan visi dan misi perseroan untuk menjadi perusahaan aluminium global  terkemuka yang ramah lingkungan dengan road map pengembangan bisnis yang teintegrasi dari hulu ke hilir di Kuala Tanjung maupun di propinsi lain. Tidak hanya itu, kapitalisasi aset perusahaan plat merah yang telah menjadi perintis dan pionir kawasan industri Kuala Tanjung sejak tahun 1976 ini terus meningkat, terutama paska keluarnya PP No. 76 Tahun 2016 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia Ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium dan Keputusan Menteri Keuangan No.593/KMK.06/2017 tentang Penetapan Nilai Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia Ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium atas lahan eks Otorita Asahan seluas 1.211,10 Ha.

Peristiwa bersejarah penandatanganan dan penyerahan secara resmi berita acara serah terima lahan dimaksud dilaksanakan pada Selasa (22/08) di Tanjung Gading, oleh Ketua Otorita Asahan, Effendi Sirait dan Direktur Utama PT Inalum (Persero), Winardi disaksikan Sekjen Kementrian Perindustrian, Haris Munandar, Staf Ahli Kemenko Perekonomian, Elen Setiadi, Asdep PISM II Kementerian BUMN, Yuni Suryanto,  Kepala Kantor Perwakilan DJKN Sumut Mahmudsyah, perwakilan BPN dan BPKP Sumatera Utara.

Atas dukungan dan kontribusi yang tidak terhingga dari pemegang saham, pemerintah, pemangku kepentingan serta Otorita Asahan, kami atas nama direksi dan manajemen mengucapkan terima kasih, dimana kedepan kami terus mengharapkan bantuannya guna pengembangan INALUM sebagai satu-satunya peleburan aluminium di Indonesia yang takkan lekang oleh sejarah sebagai pioneer pengembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung sejak empat dekade yang lalu sebagaimana yang kita kenal sebagai Proyek Asahan – proyek impian yang menjadi kenyataan, demikian disampaikan Winardi dalam sambutannya yang turut didampingi Direktur Operasi & Pengembangan Bisnis, S.S.Sijabat, Direktur Umum & SDM, Carry EF Mumbunan dan Direktur Keuangan, Oggy Achmad Kosasih serta Sekretaris Perusahaan, Ricky Gunawan.

Selaras dengan hal tersebut Ketua Otorita Asahan Efendi Sirait dalam sambutannya mengatakan INALUM sebagai proyek Asahan dapat dikatakan berhasil dan sekarang INALUM telah berkembang jauh sejak menjadi BUMN.

“INALUM sejak menjadi BUMN telah berkembang pesat, hal ini tergambar dari proyek-proyek yang telah dipresentasikan di awal acara tadi”. Tutur Efendi.

Pada kesempatan yang sama, Yuni Suryanto selaku Asdep Kementerian BUMN menekankan mengenai sinergi yang harus dilakukan oleh BUMN.

“INALUM dalam menjalankan proyeknya harus bersinergi dengan BUMN lain dalam rangka menekan biaya-biaya yang tidak perlu dan tentunya kami berharap agar seluruh pihak mampu mempermudah INALUM dalam menjalankan proyek-proyek pengembangannya” Terang Yuni.

Acara ini diakhiri dengan ramah tamah dan kunjungan ke pabrik peleburan aluminium dan Pelabuhan Khusus milik INALUM yang telah beroperasi sejak tahun 1980 an serta dilanjutkan dengan peninjauan ke pabrik diversifikasi produk aluminium untuk billet dan alloy yang kini telah memasuki masa commissioning sejak diresmikan Groundbreaking nya oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 27 Januari 2015 yang lalu.

Source Kerja Bersama dari Kuala Tanjung Otorita Asahan Serahkan Aset Lahan kepada INALUM

Leave A Reply

Your email address will not be published.