Kereta LRT Jabodebek Mulai Diproduksi Juli 2018

55

07 Mei 2018

Madiun – Selain menggarap LRT Sumatera Selatan, Palembang, PT INKA (Persero) juga menggarap proyek kereta LRT Jabodebek. Rencanannya, INKA mulai memproduksi LRT Jabodebek Juli 2018. Direktur Produksi PT INKA Bayu Waskito mengatakan pengerjaan LRT baru mamasuki tahap engineering, sehingga proses produksi mulai berjalan Juli 2018.

“Jabodebek tahapan hari ini kita sudah lakukan dengan costumer kami tahapannya dengan PT INKA di engineering. Harapannya kita masuk di area produksi sekitar bulan Juli. Bulan Juli itu rekan-rekan produksi sudah mulai start untuk manufaktur LRT Jabodebek,” katanya di sela-sela kunjungan pabrik PT INKA, Madiun, Jawa Timur, Senin (7/5/2018).

Pengerjaan tersebut dilakukan segera karena sesuai kontrak, Maret 2019, INKA harus melakukan pengiriman pertama. Jadi kontraktual, kata Bayu, INKA harus kirim itu commissioning di Maret (2019), sedangkan total pengiriman LRT keseluruhan akan diselesaikan hingga 2019 akhir. Sementara itu, untuk penggunaan komponen pihaknya akan menyerahkan kepada vendor, namun untuk pengerjaan lainnya tetap dilaksanakan di pabrik PT INKA.

“Untuk Jabodebek ini kita meyakinkan pada vendor ngajari kita bahwa kita mampu sebagian pekerjaan kita lakukan di sini. Sehingga proposi nanti beberapa akan diassembling di PT INKA. Kita sudah siapkan workshop,” terang Bayu.

Bayu menambahkan, akan diusahakan agara komponen LRT Jabodebek bisa menggunakan bahan baku lokal

“Masih impor tapi sebgian besar dilakukan pengerjaan di sini seperti proposi. Itu tetapi nanti assembling di PT INKA. Harapannya bisa meningkat 3% sampai 5%,” tutur Bayu.

Source Kereta LRT Jabodebek Mulai Diproduksi Juli 2018

Leave A Reply

Your email address will not be published.