Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif Ini Layani Rute Jateng Sampai Jatim

12

28 Mei 2017

PT Industri Kereta Api (INKA) telah menyiapkan 6 rangkaian kereta untuk dikirim PT Kereta Api Indonesia (KAI). Rangkaian kereta api buatan INKA akan digunakan sebagai angkutan tambahan saat mudik lebaran. Dari 6 rangkaian kereta api yang diproduksi INKA, masing-masing rangkaian memiliki 11 gerbong. Sehingga totalnya akan berjumlah 66 gerbong. KAI akan menggunakan kereta tersebut untuk mengangkut pemudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta, dan Jawa Timur (Jatim). Kereta itu merupakan jenis ekonomi premium. Kenapa ekonomi premium? Karena walaupun termasuk dalam kelas ekonomi tapi kereta itu memiliki berbagai fasilitas kelas eksekutif.

“Rencana untuk (rute) Pasar Senen ke Semarang Poncol, Pasar Senen – Lempuyangan. Pasar Senen – Madiun, Pasar Senen – surabaya (Jawa Timur) di antara itu,” kata Kepala Humas PT KAI, Agus Komarudin, kepada detikFinance, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Kereta tersebut masih dalam tahap uji coba, sehingga KAI belum bisa memastikan jadwal penggunaan untuk angkutan mudik. Yang jelas, KAI berupaya agar kereta tersebut bisa dipakai menambah kapasitas angkutan mudik.

“Kami belum bisa pastikan jadwalnya, karena sekarang masih tahap uji coba. Itu kan persoalannya kita mengangkut orang yang memang harus melalui prosedur pengujian seperti kelayakannya, sertifikasinya juga dari Kementerian Perhubungan,” terangnya.

Dihubungi terpisah Senior Manager Humas Protokoler dan PKBL PT INKA, Cholik Mochamad, mengatakan pihaknya saat ini telah uji coba 4 rangkaian kereta Lebaran. Targetnya, KAI akan menerima rangkaian kereta tersebut pada 14 Juni nanti.

“Kami Insya Allah sampai 14 Juni nanti, 6 trainset itu akan kami kirim secara bertahap. Kebetulan ini yang sudah dites untuk kelayakan jalan, uji teknis dan lainnya sudah 4 trainset, jadi sisa tinggal dua trainset saja. Insya Allah target 14 juni sudah bisa kita kirim, sehingga Bisa mendukung angkutan lebaran 2017,” tutur Cholik.

Source Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif Ini Layani Rute Jateng Sampai Jatim

Leave A Reply

Your email address will not be published.