Keragaan Peserta LKTI Tahun 2015

7

Selasa, 9 Juni 2015 | Lomba Karya Tulis Internal (LKTI) dihelat kali ketiga di tahun 2015. Animo peserta luar biasa (137 peserta lolos seleksi), melampaui ekspektasi Panitia LKTI, yakni meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun 2014 (54 peserta). Jumlah anak perusahaan yang berpartisipasi juga meningkat dibanding tahun lalu, dimana tahun ini karyawan/karyawati PT PT Dasaplast Nusantara dan PT Mitratani Dua Tujuh turut meramaikan penyelenggaraan LKTI Jilid III. Begitu pun halnya dengan kebun tembakau. Jika selama dua kali perhelatan LKTI, kebun tembakau absen, kini Kebun Tembakau Klaten mengirimkan dua dutanya untuk mengikuti LKTI.

Serupa dengan tahun 2014, panitia menawarkan tiga tema saja agar peserta dapat lebih fokus, tajam, dan terarah untuk menuangkan idenya dalam tulisan. Untuk tahun 2015, ruh dari penyelenggaraan LKTI kali ini membidik tentang Sumber Daya Manusia. Tema tersebut adalah: a) Menggali Potensi Karyawan untuk Mengakselerasi Kinerja Perusahaan; b) Peran Manajemen PTPN X dalam Mengelola Karyawan sebagai Aset Perusahaan; dan c) Kesiapan SDM PTPN X dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Tema pertama merupakan tema favorit yang dipilih (39%) sekaligus menjadi tema yang mengantarkan peserta menjadi pemenang LKTI tahun 2015.

Gambaran umum tentang peserta dapat ditelusuri dari keragaannya. Hasil statistika berikut menunjukkan keragaan peserta dilihat dari tiga sudut pandang, yakni jenis kelamin, unit kerja, dan status. Dalam hal ini yang dimaksud dengan peserta adalah karyawan PTPN X dan anak perusahaan PTPN X beserta keluarganya.

Berdasarkan jenis kelamin, 74% peserta LKTI adalah laki-laki dan perempuan 26%. Hal ini menunjukkan peningkatan animo karyawati 7% dibandingkan perhelatan LKTI tahun 2014 yang hanya sebesar 19%. Sedangkan ditilik dari asal unit kerja, 59% peserta berasal dari pabrik gula; 20% berasal dari kantor direksi, penelitian tembakau dan pusat penelitian gula, dan wilayah pengembangan lahan; 19% dari anak perusahaan, dan 1% dari unit yang turut serta dalam LKTI. Sementara itu, apabila ditinjau dari status, mayoritas peserta (92%) berasal dari karyawan/karyawati PTPN X dan kontribusi keluarga karyawan hanya 8%.

Source Keragaan Peserta LKTI Tahun 2015

Leave A Reply

Your email address will not be published.