Kepemimpinan yang Efektif & Berkesinambungan

26

SIARAN PERS

Nomor: PR-09/S.MBU.3/4/2016

Bagian Humas dan Protokol Gedung Kementerian BUMN Lantai 12

Jalan Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta 10110

Telepon (021) 29935678, Faksimile (021) 29935775

Hadapi Kompetisi Global, BUMN Siapkan Kepemimpinan Yang Efektif & Berkesinambungan

Jakarta, 13 April 2017 – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus memantapkan rencana besar BUMN untuk memperkuat efektivitas kepemimpinan yang berkesinambungan dalam menghadapi kompetisi global. Mengingat kepemimpinan merupakan aspek yang sangat vital dan berperan strategis dalam menggerakkan perusahaan, Kementerian BUMN melakukan terobosan dengan menghadirkan Executive Leadership Program (ELP) bagi para pemimpin BUMN. Demikian diungkapkan Menteri BUMN Rini M. Soemarno dalam Bincang Santai Media di Jakarta (13/4).

Menteri Rini mengatakan, efektivitas kepemimpinan mutlak diperlukan untuk menyelaraskan strategi perusahaan dengan kepentingan nasional berdasarkan Roadmap BUMN 2016-2019. “Program ELP ini diharapkan dapat melahirkan pimpinan BUMN yang berkarakter kuat, bersih & mengedepankan nurani, visioner dan profesional. ELP juga diharapkan menciptakan pemimpin yang berwawasan kebangsaan tinggi, sekaligus memiliki intuisi bisnis tajam yang prokerakyatan, berkeadilan dan berwawasan global,” ujar Rini.

Menteri Rini mengelaborasi, selain untuk memperkuat efektivitas kepemimpinan BUMN dan menyelaraskan strategi perusahaan dengan kepentingan nasional, lebih jauh ELP juga bertujuan untuk mengembangkan sinergi BUMN Indonesia melalui transformasi dan meningkatkan daya saing menuju “BUMN Holding Company“ berdasarkan nilai-nilai BUMN Indonesia. Program ELP ini menjadi sangat penting manakala peran BUMN semakin vital dalam menjalankan fungsinya sebagai agen pembangunan dan penciptaan nilai.

“ELP ini disusun untuk memastikan keselarasan dengan nilai-nilai inti BUMN Indonesia serta standar kompetensi yang dibutuhkan untuk memimpin BUMN kelas dunia. Untuk itu pada ELP ini dihadirkan pemateri berkaliber internasional, yakni Jeffrey R. Immelt, Chairman and Chief Executive Officer of General Electric; Professor Jay K. Rosengard, Lecturer in Public Policy Harvard Kennedy School; dan Philip M. Parker, Professor of Marketing dari INSEAD perwakilan Singapura,” kata Rini.

ELP disusun sesuai dengan jenjang kepemimpinan untuk memastikan kesinambungan program dengan talent management masing-masing BUMN. ELP 1 ditujukan bagi para Board of Directors (BoD) eksisting dengan tujuan untuk mendorong BoD BUMN menciptakan bisnis baru dan meningkatkan value. ELP 2 ditujukan bagi BoD baru untuk memberikan pembekalan agar mereka lebih siap untuk memimpin perusahaan. Sementara Esecutive Development Program (EDP) bagi BUMN Talent bertujuan untuk mempersiapkan top talent BUMN agar siap menjadi business leader.

Kehadiran ELP diharapkan dapat makin mendongkrak kinerja BUMN dalam menyokong roda perekonomian nasional. Dengan 118 perusahan di 13 sektor industri, BUMN terus bersinergi untuk mendorong pembangunan terintegrasi dan mengakselerasi pembangunan proyek-proyek strategis nasional.

Masih pada kesempatan yang sama, Rini mengatakan, selain rencana besar untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan BUMN, tahun ini BUMN juga meluncurkan Kartu BUMN yang merupakan kartu identitas multifungsi. Selain sebagai kartu identitas, Kartu BUMN juga dapat berfungsi sebagai alat pembayaran (uang elektronik), kartu program loyalty (pengumpulan, transfer, dan penggunaan poin di antar BUMN), serta kartu fasilitas seperti akses ke infrastruktur perusahaan maupun ke fasilitas layanan kesehatan.

Rini mengatakan, Kartu BUMN hadir sebagai implementasi visi untuk mensinergikan keunggulan BUMN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkuat portfolio bisnis BUMN, terutama bidang financial, e-Commerce, dan digital platform dengan kerjasama antarBUMN.

Program ini memungkinkan karyawan BUMN dan anggota keluarganya untuk memperoleh manfaat maksimal dari program promosi antar BUMN. Dengan adanya Kartu BUMN, maka BUMN akan dapat semakin mengembangkan bisnisnya dengan penggunaan dan promosi oleh jutaan orang Karyawan BUMN dan keluarganya. Di samping itu, kehadiran Kartu BUMN juga akan mendorong roadmap pengembangan bisnis yang mengarah ke pembentukan National Payment Gateway.

“Kehadiran kartu BUMN diharapkan dapat memberikan menghadirkan berbagai manfaat yang dapat dirasakan secara langsung bagi seluruh karyawan BUMN dan Kementerian BUMN, maupun anggota keluarganya,” pungkas Rini.

Informasi lebih lanjut hubungi:

Teddy Poernama, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol

Email: [email protected], Telp. 081222550444

Source Kepemimpinan Yang Efektif & Berkesinambungan

Leave A Reply

Your email address will not be published.