Kenangan Manis Jelajahi Hutan Mangrove Karangsong

31

26 September 2018 — Suguhan deburan ombak, pemandangan laut Jawa nan luas, dan hamparan hijau mangrove membawa kesan dan kenangan tersendiri bagi seluruh peserta Jelajah Energi wilayah Cirebon, Balongan, dan Indramayu, pada Selasa (25/9/2018).

Pemandangan langka yang jarang ditemui di tengah hiruk pikuk kota seperti angin segar yang menentramkan penat ibu kota.

Salah satu peserta bernama Andi Akbar mengaku takjub dan senang dapat berpartisipasi dalam Jelajah Energi Pertamina kali ini. “Sepanjang tour dari pagi sampai sore ini, saya senang sekali. Apalagi sore diajak ke hutan mangrove. Ternyata di sana ada pantainya juga. Jadi indah banget, salutlah sama temen-temen Pertamina untuk CSR-nya,” tutur Andi bersemangat.

Hal senada disampaikan Siti Wulandari. Blogger tersebut sangat menikmati perjalanannya dalam Pertamina Jelajah Energi. “Perjalanan ini memberikan wawasan baru kepada kami sebagai civil society tentang bagaimana Pertamina mengelola kegiatan operasionalnya hingga menikmati moonrise pertama kali di pantai Karangsong yang jadi binaan Pertamina. Pokoknya keren banget. Cape tapi puas,” tukasnya antusias.

Seperti yang diketahui Pertamina RU VI Balongan melalui program CSR menginisiasi lingkungan pesisir Desa Karangsong yang mengalami kerusakan akibat tingginya laju abrasi. Kegiatan yang dilakukan antara lain berupa konservasi mangrove, pendampingan dan pemberdayaan kelompok masyarakat, dan penelitian juga studi inovasi.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama kelompok masyarakat Pantai Lestari dan Jaka Kencana serta dinas-dinas terkait di Pemerintahan Daerah Indramayu. Tak hanya lingkungan, Pertamina RU VI juga menginisiasi terwujudnya sekolah berwawasan lingkungan tematik mangrove. Dengan hadirnya sekolah tersebut diharapkan dapat menjadi sarana bagi generasi muda untuk peduli dan mengenal manfaat mangrove.

Arya Dwi Paramita External Communication Manager Pertamina mengungkapkan, “Jelajah Energi selain mengajak para peserta ke tempat produksi Kilang juga kami membawa peserta ke CSR yang diinisiasi Pertamina. Hutan Mangrove Karangsong jadi lokasi yang pas selain keindahannya juga pengetahuan akan manfaat mangrove yang bisa jadi inspirasi pemulihan lingkungan. Kami berharap lewat Jelajah Energi ini publik bisa semakin dekat dan mengenal dengan Pertamina serta membawa kenangan manis tersendiri bagi para peserta,” tuturnya.

Source Kenangan Manis Jelajahi Hutan Mangrove Karangsong

Leave A Reply

Your email address will not be published.