Kemitraan Telkom dan Sony FeliCa Hadirkan System Smartcard

23

Bandung, 15 Oktober 2015 – PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) semakin memantapkan diri menggarap bisnis ICT. Bekerjasama dengan Sony FeliCa Jepang Telkom siap mengimplementasikan platform baru yang memanfaatkan teknologi NFC (Near Field Communication). Demikian diungkapkan Indra Utoyo, Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom saat melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dengan Sony FeliCa untuk mengembangkan smartcard di Bandung, Kamis (15/10).

Indra Utoyo mengatakan, kemitraan Telkom dengan Sony FeliCa sangat tepat. Menurutnya Telkom sebagai pemimpin pasar dalam industri ICT di Indonesia telah memiliki pengalaman dan sangat paham mengenai kebutuhan pasar. “Kami harap melalui kerjasama ini, Telkom dan Sony FeliCa dapat mengembangkan layanan berbasis teknologi NFC di Indoneisa,” ujar Indra.

“Kerjasama ini tentunya akan memberi keuntungan terutama kepada masyarakat Indonesia yang tengah gencar meningkatkan penggunaan smart card baik untuk segmen konsumer maupun profesional,” demikian Indra menambahkan.

Senior General Manager FeliCa Business Division, Sony Corporation Kazuyuki Sakamoto mengatakan dalam kesempatan penandangan nota kesepahaman tersebut, bahwa pihaknya meyakini bahwa Telkom dan Sony FeliCa akan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan layanan teknologi berbasis NFC. “Saat ini teknologi Sony FeliCa telah digunakan di Jepang dan Hong Kong dan telah digunakan pada berbagai aplikasi, sepeti transportasi dan ePayment,” ujar Kazuyuki.

Pemanfaatan teknologi Sony FeliCa ini sesuai nota kesepahaman akan segera diterapkan dalam layanan transportasi Trans Metro Bandung. “Sesuai MOU yang kami tandatangani layanan transportasi Trans Metro Bandung akan menggunakan teknologi NFC yang diciptakan Sony FeliCa sebagai alat pembayaran dalam rangka meningkatkan layanan kepada transportasi di Bandung,” jelas Indra.

Kapabilitas Sony FeliCa sebagai platform payment mulai dari sisi back-end, middle-end sampai dengan front-end cukup mumpuni dan merupakan salah satu yang terbaik saat ini. FeliCa menjadi teknologi high-end untuk digital payment di masa yang akan datang dimana FeliCa adalah teknologi IC Chip nirkontak yang dikembangkan oleh Sony Corporation Jepang yang mengelola siklus pengembangan aplikasi, penerbitan kartu, personalisasi, dan manajemen operasi transaksi.

Penggunaan dan kehandalan produk FeliCa telah terbukti dengan kinerjanya dengan penyebaran penggunaan sukses di seluruh dunia, IC Chip FeliCa, adalah Chip nirkontak pertama di dunia yang memiliki sertifikasi oleh ISO / IEC 15408 EAL6+ sebagai jaminan keamanan dan keandalan.

Source Kemitraan Telkom dan Sony FeliCa Hadirkan System Smartcard

Leave A Reply

Your email address will not be published.