Kementerian Luar Negeri Memperkenalkan Indonesia kepada para Diplomat Muda

28

2018-07-21 00:00:00 | Jakarta – Kementerian Luar Negeri membentuk program fellowship pertama yang dijuluki Friends of Indonesia (FOI) untuk para diplomat muda di berbagai negara. Program ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi yang terkait dengan pembangunan Indonesia, khususnya di bidang ekonomi dan industri, sehingga para diplomat muda itu nantinya akan membuat keputusan besar bagi negara jika mereka menjadi pemimpin.

Menurut Direktur Diplomasi Kementerian Sosial Azis Nurwahyudi, ada sepuluh peserta dari sepuluh negara termasuk Jepang, Myanmar, Nigeria, dan Papua Nugini dalam program yang dimulai dari 18 Juli hingga 27 di tiga tempat berbeda; Jakarta, Bandung, dan Bali.

“Tujuan dari program ini adalah untuk memperkenalkan Indonesia baru-baru ini. Jika mereka menjadi pemimpin, mereka akan mengakui Indonesia dan dapat mengambil keputusan yang menguntungkan Indonesia, ”kata Azis pada Jumat, 20 Juli.

Selama program di Jakarta, para peserta akan bertemu mahasiswa diplomatik Indonesia dan belajar bagaimana berinteraksi dengan media. Di Bandung, mereka akan mengunjungi perusahaan industri C59, Pindad, PTDI, dan Biofarma, serta Museum Konferensi Asia-Afrika, sementara di Bali, para diplomat muda akan belajar demokrasi di Institut Perdamaian dan Demokrasi (IPD) dan budaya Indonesia seperti sebagai Tari Kecak.

“Saya tidak akan menyebut biaya. Diplomasi bukan bisnis. Ini adalah keuntungan jangka panjang. Kami sekarang menghabiskan biaya tiket dan lainnya, tetapi kemudian ketika mereka menjadi direktur dan otoritas, mereka akan mengakui Indonesia dan mempromosikan Indonesia ke negara mereka masing-masing, ”kata Azis ketika ditanya tentang alokasi anggaran untuk melaksanakan program FOI.

Ia menegaskan Kementerian Luar Negeri harus membangun ‘jembatan’, sehingga mengundang para diplomat muda yang mengawasi kawasan Asia ke Indonesia dan memberi mereka pengalaman untuk melihat langsung perkembangan negara. “Ini berbeda dengan melihat Indonesia dari dokumen,” tambah Azis.

Source Kementerian Luar Negeri Memperkenalkan Indonesia kepada para Diplomat Muda

Leave A Reply

Your email address will not be published.