Kemenhub Gelar Diklat Pandu Pelayaran di Pelabuhan Tanjung Perak

18

11 Mei 2016

Surabaya  – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan selenggarakan Diklat Pandu Tingkat II Angkatan XXXVIII tahun 2016 di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Surabaya, Rabu (11/5). Terminal penumpang kapal laut modern milik Pelindo III yang berada di Pelabuhan Tanjung Perak tersebut dipandang sebagai tempat yang sesuai untuk melaksanakan praktik kepanduan.

“Karena Pelabuhan Tanjung Perak memiliki karakteristik yang unik dengan sejumlah tantangan yang menarik, seperti kondisi alur dan tingginya frekuensi arus kapal, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta pengalaman dari institusi terkait yang terbilang baik,” jelas GM Pelindo III Tanjung Perak Joko Noerhudha, di sela kegiatan.

Diklat yang berlangsung selama tiga bulan tersebut diikuti oleh 42 siswa pandu yang yang berasal dari PT Pelabuhan Indonesia I, III, dan IV (Persero). Selain dari BUMN kepelabuhanan itu, juga datang siswa dari beberapa badan usaha pelabuhan yang ditunjuk dan direkomendasikan pemerintah. Mereka akan dilatih dan diberi kesempatan untuk mempraktikkan teori-teori yang telah didapatkan sebelumnya di Jakarta selama 4 bulan.

“Pandu ibarat delegasi frontline dari sebuah negara. Sedangkan kapal adalah miniatur dari negara di mana bendera itu dikibarkan. Untuk itu dengan adanya diklat ini, para pandu diharapkan dapat menjadi cerminan negara yang baik dan berkompeten, serta mengutamakan keselamatan pelayaran”, tambah Joko.

Ia lebih lanjut menjelaskan, semua pelaksanaan praktik pemanduan kapal merupakan hal yang penting, untuk itu silabus dan pelatihan sertifikasi pandu harus disusun dengan beberapa program yang di antaranya seperti praktik pandu dan tunda kapal, baik di alur maupun kolam pelabuhan. Semua pelaksanaan diklat juga telah disesuaikan dengan ketentuan undang-undang dan aturan IMO (International Maritime Organization).

“Semua ada aturan mainnya, terutama yang menyangkut dengan kepentingan negara. Pandu sebagai cerminan negara semoga dapat senantiasa menjadi yang terdepan dalam pelayanan. Namun tetap memenuhi standar keselamatan,” pesan Capt. Hary Setyobudi,

Kepala Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, yang sekaligus menjadi Ketua Pelaksanaan Kegiatan tersebut. Seremoni puncak dari rangkaian pembukaan pelatihan tersebut ditandai dengan penyerahan siswa pandu dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan selaku Ketua Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Pandu kepada Kepala Kantor Syahbandar Pelabuhan Utama Tanjung Perak penyematan life jacket secara simbolis kepada perwakilan siswa pandu.

“Seiring dengan dibukanya diklat ini, semoga seluruh siswa pandu dapat melaksanakan seluruh rangkaian dengan penuh tanggung jawab,” tegas Joko yang menugaskan 17 petugas pandu Pelindo III untuk ikut pelatihan tersebut.

Source Kemenhub Gelar Diklat Pandu Pelayaran di Pelabuhan Tanjung Perak

Leave A Reply

Your email address will not be published.