Kemenhub Apresiasi Kesiapan Pelindo III Layani Pemudik

25

11 Juni 2016

Kumai – Kementerian Perhubungan memantau kesiapan arus mudik lebaran tahun 2016 di Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah, Jumat (10/6). Tim Kemenhub tersebut sebelumnnya juga meninjau kesiapan di Pelabuhan Sampit. Kedua pelabuhan yang menjadi pintu arus mudik dan balik bagi perantau Jawa di Kalteng tersebut dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. Staf Khusus Kementerian Perhubungan Bidang Perhubungan Antar Lembaga Atok Urrahman menilai kesiapan arus mudik di Pelabuhan Kumai sejauh ini terlihat aman dan lancar.

“Tujuan pokok monitoring kesiapan arus mudik lebaran ini adalah untuk memantau keselamatan dan keamanan. Sekaligus meningkatkan standar minimum pelayanan, contohnya penyediaan fasilitas toilet yang layak,” katanya.

Kemenhub melihat Pelabuhan Kumai termasuk salah satu pelabuhan yang ramai arus mudiknya, sehingga Pelindo III dan instansi lainnya diharapkan dapat melayani penumpang dengan hati nurani. Atok juga mengapresiasi adanya penerapan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) di Pelindo III, serta adanya ruang ibu menyusui, serta ruang lansia di Terminal Penumpang Pelabuhan Kumai. Manager Operasi dan Komersial Pelindo III Kumai Suhartoyo mengatakan, bahwa untuk kesiapan angkutan lebaran tahun 2016, Pelindo III sudah melaksanakan pembenahan fasilitas di terminal penumpang.

“Di antaranya seperti menyiapkan kursi, penyediaan WTMD (Walk Through Metal Detector), pemasangan CCTV, penyediaan air bersih (tandon dan dispenser), penyediaan wifi gratis, penyediaan fasilitas MCK (dalam keadaan bersih) termasuk toilet portable, penyiapan enam tenda untuk area terminal penumpang dan beberapa sudut terminal untuk mengantisipasi membludaknya penumpang,” jelasnya.

Mengingat dengan adanya pembatasan jumlah penumpang kapal oleh Kemenhub, diharapkan pelayanan arus mudik lebaran di Pelabuhan Kumai ini dapat berjalan lancar.

“Selain adanya penambahan kapal dan frekuensi keberangkatan oleh PT Pelni dan PT Dharma Lautan Utama, untuk perusahaan sawit diharapkan memberikan THR kepada pekerjanya lebih awal, sehingga petugas di pelabuhan tidak kewalahan,” pungkas Atok.

Source Kemenhub Apresiasi Kesiapan Pelindo III Layani Pemudik

Leave A Reply

Your email address will not be published.