Kemendag Prediksi Ekspor Non Migas Naik 3x Lipat

40

09 januari 2015 — JAKARTA  Kementerian Perdagangan RI memprediksi perkembangan ekspor Indonesia tahun 2015 lebih baik dibandingkan dengan tahun 2014, hal ini dikarenakan seiring membaiknya perekonomian dunia.

Hal yang menggembirakan adalah perekonomian di negara maju tahun 2015 diprediksi mengalami pertumbuhan yang relatif tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, terutama Amerika Serikat(AS). Pertumbuhan ekonomi AS tahun 2015 diproyeksikan mencapai 3,1%, sedangkan impornya diproyeksikan tumbuh 5,4%,” papar Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di Jakarta, Selasa (6/1/2015).

Lebih lan jut ia menjelaskan, selama lima tahun kedepan ekspor non migas ditargetkan naik tiga kali plipat. Peningkatan ekspor nonmigas tiga kali lipat di tahun 2019 tersebut diperkirakan akan menyerap tenaga kerja rata-rata 4,6 juta orang per tahun dan memerlukan tambahan investasi asing langsung (FDI) rata-rata USD 40,5 miliar per tahun.

Dalam upaya mencapai target ekspor non migas tiga kali lipat dalam lima tahun ke depan, tentu akan ada upaya-upaya konkret yang saat ini masih dibahas di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Selain itu, ke depan akan ada perubahan struktur ekspor Indonesia dari sebelumnya di dominasi produk primer,menjadi didominasi produk manufaktur sejalan dengan arah kebijakan industri untuk hilirisasi.

Source Kemendag Prediksi Ekspor Non Migas Naik 3x Lipat

Leave A Reply

Your email address will not be published.